October 27, 2022

Sasar Desainer dan Kreator Profesional, Pen Display Wacom Cintiq Pro 27 Hadir di Tanah Air

Penulis: Iwan RS
Sasar Desainer dan Kreator Profesional, Pen Display Wacom Cintiq Pro 27 Hadir di Tanah Air  

Mobitekno – PT Datascrip, authorised distributor Wacom di Indonesia resmi memasarkan pen display Wacom Cintiq Pro 27 yang dikembangkan khusus oleh tim produk Wacom bersama anggota komunitas seni dan desain global. Kolaborasi ini bertujuan menghadirkan pengalaman impresif dari sebuah perangkat pen display bagi kreator profesional (2D illustrator, desainer 3D, animator hingga game developer) dalam menuangkan ide-ide kreatif menjadi sebuah mahakarya.

Pengguna digital pen display diklaim akan dapat merasakan kesempurnaan performa pena digitalnya, fitur multi-touch, desain yang ergonomis, refresh rate lebih cepat, serta warna yang kaya dan akurat.

“Wacom Cintiq Pro 27 menghadirkan harmonisasi antara kreator profesional dan perangkat pen display untuk menghasilkan kesempurnaan karya seni dan desain digital. Teknologi terbaru yang diusung memberikan kenyamanan, kemudahan untuk mendukung produktivitas dalam menghasilkan karya-karya kreatif,” ujar Raditya Nyoardinata – Assistant Marketing Manager PT Datascrip.

Penggunaan pena digital dengan Cintiq Pro 27 bisa merasakan pengalaman yang luar biasa dengan hadirnya Pro Pen 3. Pengguna dapat melakukan pengaturan sesuai selera dan kebutuhan yang mendukung preferensi kerjanya sehingga penggunaan pena digital ini semakin natural. Kustomisasi meliputi pengaturan bobot, ukuran barrel, hingga titik berat (center of gravity) dari pena dengan komponen yang dapat ditukar (interchangeable).

Pro Pen 3 meningkatkan fitur tilt recognition dan still melalui teknologi Wacom EMR (Electro-Magnetic Resonance) dengan sensitivitas tekanan (pressure sensitivity) yang tinggi, yaitu pada level 8.192. Dengan teknologi baterai pena yang tidak perlu diisi ulang, pengguna dapat menghemat waktu dan biaya. Tombol samping (side-switch) yang mudah diprogram juga bisa digunakan untuk membuat shortcut dan modifier pada software kreatif.

Pena digital ini juga dilengkapi dengan fitur multi-touch yang sangat berguna saat memakai beragam program, khususnya aplikasi 3D yang membutuhkan satu tangan untuk memperbesar atau memperkecil, dan merotasi gambar, sambil memakai pena. Bagi profesional yang bekerja di tempat produksi virtual, fitur ten-point selective touch juga turut mempermudah pengaturan on-screen slider secara akurat sehingga alur kerja lebih efisien.

Layar Cintiq Pro 27 memiliki refresh rate tinggi hingga 120 Hz, dengan resolusi 4K. Pengguna bisa menikmati pengalaman visual yang sangat realistis dengan kualitas warna 10-bit dan DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives – Protocol 3) hingga 98%, standar warna yang sesuai dengan industri film, serta akurasi warna Adobe RGB hingga 99%. Layar ini tak hanya tervalidasi Pantone®, namun juga Pantone SkinTone, sehingga memenuhi standar Pantone yang menampilkan seluruh rona kulit manusia secara akurat.

Bagi pengguna yang senang memindahkan keyboard shortcut yang paling sering dipakai, Cintiq Pro 27 juga dibekali dengan ExpressKeys® grip-style sebanyak 8 tombol. Layar Cintiq Pro 27 juga lebih ringkas ketimbang Cintiq Pro 24, sehingga perangkat ini semakin hemat tempat dan mewujudkan ruang kerja yang lebih rapi dan efisien.

Dudukan atau stand Cintiq (dijual terpisah) dirancang selaras dengan desain pen display yang modern dan ringkas. Selain dapat diatur ketinggiannya agar sesuai dengan posisi kerja pengguna, dudukannya juga dapat diputar 20 derajat.

Seluruh aplikasi perangkat lunak favorit pengguna, seperti Adobe, Autodesk, CorelPixologic, dan Foundry akan kompatibel dan bekerja dengan optimal pada Wacom Cintiq Pro 27.

Bagi pengguna Cintiq Pro 27, Wacom juga menyediakan akses untuk uji coba (trial) produk Celsys Clip Studio Paint EX selama tiga bulan yang merupakan aplikasi menggambar digital lengkap dan mudah dipakai untuk membuat komik, ilustrasi umum, dan animasi 2D, serta MASV. Terdapat juga fungsi berbagi berkas (file sharing) yang berbasis cloud bagi penggunanya.

Selain itu, ada Shapr3D, perangkat CAD intuitif yang mempermudah dan mempercepat pembuatan model 3D, serta Bluescape, solusi kolaborasi visual dengan fitur whiteboarding, kanvas tanpa batas, dan pencarian gambar. Pengguna juga dapat mencoba Toon Boom’s Harmony agar pengguna dapat membuat animasi 2D terpadu dan juga aplikasi StoryboardPro, untuk solusi pembuatan storyboard terbaru.

Mengingat Wacom Cintiq Pro 27 menyasar pengguna profesional, harganya yang ditawarkan juga tidak murah. Wacom Cintiq Pro 27 dibanderol seharga Rp 55,800 juta dan dudukan (stand) Cintiq Pro seharga Rp 8,46 juta.

Tags: , , , , ,


COMMENTS