December 21, 2022

X-Plane 12, Pesaing MS Flight Simulator, Resmi Tersedia di Steam. Makin Realistis dengan Game Engine Baru

Penulis: Iwan RS
X-Plane 12, Pesaing MS Flight Simulator, Resmi Tersedia di Steam. Makin Realistis dengan Game Engine Baru  

Mobitekno – X-Plane 12, flight simulator atau simulator penerbangan terbaru dari dari Laminar Research telah resmi dirilis dan tersedia di layanan Steam dan situs game resmi Laminar .

Pesaing Microsoft Flight Simulator ini sudah tersedia di layanan versi Steam seharga berkisar Rp 250 ribu (harga untuk pengguna di Indonesia), sedangkan di situs resminya, dijual lebih mahal (sekitar US$59,99) meski pengguna juga akan mendapatkan versi demonya.

X-Plane 12 dianggap merupakan salah satu flight simulator terbaik dan paling realistis saat ini baik dalam tampilan grafis, sistem, dan mekanisme pesawat seperti aslinya, hingga simulasi dunia nyata yang immersive. X-Plane 12 dibuat oleh para pilot dan teknisi bagi siapa saja ingin melakukan simulasi terbang yang menyerupai dunia nyata.

Meskipun versi early access X-Plane 12 sudah selama beberapa bulan terakhir, versi terbaru disebut telah mengalami banyak pembaruan dengan penambahan fitur baru, perbaikan bugs, dan respons berbagai feedback dari pengguna selama ini.

Baik Microsoft Flight Simulator dan X-Plane mulai berkembang hampir secara paralel sejak pertengahan 90-an lalu. Namun sejka Microsoft menghentikan pengembangan Flight Simulator di pertengahan 2000-an, perhatian penggemar simulasi penerbangan beralih ke X-Plane.

Selain menawarkan pengguna game engine baru yang mendukung VR, X-Plane 12 juga mengusung fitur awan volumetrik, pencahayaan fotometrik, cuaca global, tampilan air 3D, lalu lintas berbasis AI, pergantian musim, dan masih banyak lagi.

Di antara pesawat baru yang ditawarkan antara lain Airbus A330, Cessna Citation X, Lancair Evolution, Cirrus SR22, Piper PA-18 Super Cub, Van’s RV-10, jet tempur F-14 Tomcat dan helikopter Robinson R22.

Semua detail tekstur dan objek untuk semua benua, seperti MSFS, tersedia untuk diunduh secara gratis. Belum ada DLC (Downloadable content) berbayar dengan pesawat dan bandara untuk game baru ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS