September 18, 2022

Tidak Berpaling ke Lain Hati, Apple Tetap Tunjuk TSMC Produksi Chip 3 nm untuk iPhone dan Mac Mendatang

Penulis: Iwan RS
Tidak Berpaling ke Lain Hati, Apple Tetap Tunjuk TSMC Produksi Chip 3 nm untuk iPhone dan Mac Mendatang  

Mobitekno – Apple ingin menjadi konsumen pertama yang menggunakan chip 3 nm yang dimanufaktur memakai teknologi proses TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) terbaru tahun depan. Menurut Nikkei Asia, chip 3 nm yang mungkin bernama A17 Bionic ini diakai sebagai chipset untuk produk iPhone dan komputer Mac.

Chip Apple A17 Bionic yang dibuat secara massal dengan teknologi 3 nm node process (N3E) dari TSMC ini diharapkan tersedia pada paruh kedua tahun depan (2023). Saat masalah rantai pasokan chip global mulai teratasi, pabrikan chip global, seperti TSMC dan Samsung mulai melakukan peralihan ke teknologi produksi chip yang lebih canggih.

Baik TSMC dan Samsung berharap menjadi yang pertama mengadopsi teknologi 3 nm untuk proses manufakturnya tahun ini. Namun, dengan berbagai pertimbangan, Apple tampaknya masih setia dengan mitra Taiwan-nya, minimal untuk chip generasi beriktunya.

Proses produksi N3E merupakan versi upgrade dari teknologi produksi 3 nm TSMC saat sebenarnya baru diimplementasikan tahun ini. Selain chip A17 Bionic, chip lainnya Apple M3 untuk lini produk Mac (MacBook Air, MaBook Pro, iPad) juga akan menyusul dibuat dengan teknologi 3-nm terbaru.

Apple A17 Bionic TSMC 3nm

Ukuran nanometer mengacu pada lebar antara transistor pada sebuah chip. Semakin kecil angkanya, semakin banyak transistor yang dimuat ke dalam sebuah chip. Ini berarti performa chip tersebut akan lebih tinggi sekaligus lebih menantang dan mahal untuk diproduksi.

Menurut TSMC pada simposium teknologi di Hsinchu, N3E akan menawarkan kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik daripada versi pertama. Selain hemat daya, teknologi N3E juga dirancang agar lebih hemat biaya daripada pendahulunya.

Sebagai pelanggan terbesar TSMC, Apple menjadi mitra utama perusahaan asal Taiwan tersebut dalam mengadopsi teknologi chip terbaru. Raksasa teknologi AS tersebut dikabarkan juga bakal menjadi yang pertama menggunakan teknologi chip 3 nm generasi pertama TSMC untuk produk tablet iPad mendatang.

Menurut sumber Nikei Asia, Intel sebelumnya juga berniat menggunakan teknologi chip 3 nm dari TSMC seperti yang dilakukan Apple, tetapi akhirnya menunda pesanannya hingga setidaknya 2024.

Tahun 2023 nanti menandai tahun kedua Apple berturut-turut menggunakan teknologi chip 3 nm canggih dari TSMC untuk sebagian jajaran iPhone-nya. Tahun ini (2022), hanya jajaran iPhone 14 Pro yang diketahui menggunakan chipset A16 terbaru dengan teknologi proses 4 nm dari TSMC.

Adapun iPhone 14 series masih menggunakan chip A15 yang lama, yang juga digunakan pada model iPhone 13 dan iPhone 13 Pro yang dirilis tahun lalu.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS