October 17, 2022

All New Honda HR-V dan BR-V Sukses Raih Rating Tertinggi Standar Keselamatan ASEAN NCAP

Penulis: Iwan RS
All New Honda HR-V dan BR-V Sukses Raih Rating Tertinggi Standar Keselamatan ASEAN NCAP  

Mobitekno – Selain memiliki perfoma mesin yang andal dan irit bahan bakar, mobil Honda juga sangat ternyata diakui keunggulannya dalam urusan keselamatan. Ini dibuktikan dengan banyaknya produk Honda yang mampu meraih rating tingkat keselamatan tertinggi dalam berbagai uji tabrak yang dilakukan.

Belum lama ini, dua model SUV Honda yakni All New Honda HR-V dan juga All New Honda BR-V sukses meraih 5 bintang dari ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia).

PT Honda Prospect Motor menerima penghargaan atas dua produknya yaitu All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V yang meraih peringkat keselamatan tertinggi dalam program ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia). Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh perwakilan NCAP & MIROS (Malaysian Institute of Road Safety Research), 15 Oktober 2022 bertempat di Nusa Dua, Bali.

Honda SUV Raih Bintang Lima Uji Tabrak 00

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN. Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

All New Honda HR-V dan juga All New Honda BR-V diuji tabrak dari bagian depan, samping serta pengujian fitur-fitur keselamatannya. Hasil yang didapatkan, All New Honda HR-V meraih skor 81.38 dari 100 setelah melewati serangkaian tes. Mobil ini juga meraih skor 28.00/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), skor 45.31/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 19.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.00/16 for Motorcyclist Safety (MS).

Untuk pasar Indonesia, All New Honda HR-V mulai dipasarkan pada bulan Maret 2022 lalu. Dijual di sembilan negara ASEAN, akumulasi penjualan model ini sudah mencapai lebih dari 25.000 unit.

Selain All New HR-V, model SUV Honda lainnya yang juga berhasil meraih predikat mobil dengan tingkat keselamatan tertinggi versi ASEAN NCAP adalah All New Honda BR-V. Mobil ini berhasil meraih skor 77.02 dari 100 dimana mobil ini berhasil melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping nya serta pengujian fitur-fitur keselamatannya.

Honda SUV Raih Bintang Lima Uji Tabrak 01

All New Honda HR-V berhasil meraih skor 26.98/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP) kemudian 44.53/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16.50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8.10/16 for Motorcyclist Safety (MS).

Honda menjadi pabrikan otomotif yang paling banyak mendapatkan penghargaan dari ASEAN NCAP selama sepuluh tahun ini. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2022 ini sudah ada sembilan model mobil Honda yang telah diuji tingkat keselamatannya oleh ASEAN NCAP yaitu; Honda City, Civic, CR-V, Jazz, HR-V, BR-V, Brio, Brio Amaze dan Accord.

Diproduksi di Indonesia, All New Honda BR-V generasi kedua sudah mulai dipasarkan pada bulan Januari 2022. Mobil Honda ini terbilang cukup laris dan menerima permintaan dari berbagai negara lainnya, termasuk dari Karibia. Dan sejauh ini PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mengekspor model tersebut hingga lebih dari 1.500 unit ke berbagai negara, termasuk Thailand.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS