September 14, 2022

Intel Banggakan Prosesor Gen ke-13 Raptor Lake Tembus Overclocking 8 GHz. Adu Cepat Frekuensi Bangkit Lagi?

Penulis: Iwan RS
Intel Banggakan Prosesor Gen ke-13 Raptor Lake Tembus Overclocking 8 GHz. Adu Cepat Frekuensi Bangkit Lagi?  

Mobitekno – Pada acara Intel Technology Tour 2022 di Israel beberapa waktu lalu, Intel memamerkan kemampuan prosesor generasi ke-13 terbarunya Raptor Lake. Meski masih diproduksi dengan teknologi proses 10 nm, Raptor Lake yang diagendakan diumumkan bakhir bulan ini diklaim Intel sanggup bekerja pada clock 6 GHz hanya menggunakan standar stock cooling (HSF standard).

Menariknya lagi, Raptor Lake dapat di-overclock hingga mecapai rekor 8 GHz dengan bantuan nitrogen cair (LN2). Intel juga membagikan informasi Raptor Lake yang bukan hanya unggul dalam performa aplikasi single-thread tapi juga multi-thread. Intel menyatakan Raptor Lake membawa peningkatan performa single-thread hingga 15% dan 40% dalam performa multi-thread dibandingkan generasi terdahulu Alder Lake (12th-gen)

Klaim ini sengaja dilontarkan Intel mengingat kompetitornya AMD baru saja meluncurkan prosesor Ryzen 7000 series. Seperti diketahui, salah satu seri flagship AMD tersebut, Ryzen 9 7950X menawarkan boost clock hingga 5,7 GHz yang berarti masih kaah 300 MHz dibandingkan Raptor Lake.

Berbeda dengan AMD Ryzen 7000 series yang sudah resmi meluncur, klaim Intel memang masih perlu dibuktikan karena Raptor Lake belum dirilis di pasaran. Mungkin saja klaim 6 GHz ini terbukti benar saat Raptor Lake hadir tapi dengan model khusus seri KS. Seperti yang dilakukan Intel saat merilis prosesr Alder Lake generasi ke-12 Core i9-12900KS.

Intel sah-sah saja menggembar-gemborkan Alder Lake agar konsumen menjadi lebih penasaran menunggu kehadirannya di pasar. Namun, ada alasan di balik fokus ke Alder Lake.

Menurut analis industri, Dr Ian Cutres (@IanCutress), fokus kampanye marketing Raptor Lake dilakukan Intel karena raksasa semikonduktor tersebut tidak dapat memenuhi agendanya rilis prosesor generasi berikutnya Meteor Lake (14th-gen) pada waktunya.

Apabila dicermati secara teknis, jajaran prosesor Raptor Lake (13th-gen) pada dasarnya hanya merupakan penyempurnaan dari prosesor Alder Lake (12th-gen) yang ada di pasaran saat ini.

https://twitter.com/IanCutress/status/1569233082212818944

Alasan ini memang cukup masuk akal mengingat Intel masih mengejar ketertinggalannya dari AMD dalam teknologi manufaktur chip. Faktanya, AMD sudah mengadopsi teknologi 7 nm dalam desain arsitetektur chip, sedangkan Intel masih berkutat dengan proses 10 nm untuk mendesain arsitektur chip baru.

Intel diperkirakan akan mengumumkan seri Raptor Lake pada 27 September ini, jadwal yang sama dimana kompetitornya AMD resmi memasarkan seri Ryzen 7000 series di pasar global.

Tags: , , , ,


COMMENTS