September 12, 2022

Bantu Orang Tua Deteksi Dini Autisme, Aplikasi Tentang Anak Luncurkan Fitur “Skrining Autisme”

Penulis: Karyo
Bantu Orang Tua Deteksi Dini Autisme, Aplikasi Tentang Anak Luncurkan Fitur “Skrining Autisme”  

Mobitekno – Deteksi Dini dan Terapi Autisme Bisa Secara Online adalah topik yang diangkat untuk menjawab keresahan orang tua tentang keterbatasan fasilitas klinik tumbuh kembang di Indonesia yang dapat mendeteksi dan terapi autisme

Tentang Anak, aplikasi parenting terlengkap dan terpercaya dari ahlinya, yang merupakan mitra resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), meluncurkan fitur terbarunya, “Skrining Autisme” untuk orang tua Indonesia guna menjawab keresahan mereka tentang keterbatasan fasilitas klinik di Indonesia untuk diagnosis dan terapi autisme.

Saat ini WHO memperkirakan 1 dari 160 anak merupakan penyandang autisme, sedangkan di Indonesia, Kemenpppa menyatakan dengan perhitungan laju pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1,14 persen, memperkirakan Indonesia memiliki penyandang ASD  (Autism Spectrum Disorder ) sebanyak 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru 500 orang/tahun.

Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K), Ahli Neurologi Anak, Advisor Tentang Anak & Founder @AnakkuID menghimbau, “Jika orang tua telah mendeteksi tanda-tanda keterlambatan pada perkembangan anaknya, orang tua sebaiknya tidak diam saja atau menunggu kemajuan perkembangan anak dengan sendirinya,”

“Karena mendeteksi dan menangani keterlambatan perkembangan sejak dini akan menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik,” ungkap Prof. Hardiono, dalam paparannya, Kamis ( 08/09/2022).

“Maka dari itu, setelah mendeteksi gangguan anak melalui fitur skrining autisme di aplikasi Tentang Anak dan mendapatkan hasil bahwa anak mengalami gangguan ASD, orang tua dianjurkan untuk mendiagnosis lebih lanjut jenis gangguan tersebut dengan ahlinya, lalu mengobati apa yang bisa diobati, merujuk terapi yang tepat sesuai dengan diagnosis, konseling dan langkah terakhir untuk rujuk konsultasi selanjutnya,” tegasnya.

Press conference webinar Grand Launch Fitur Skrining Autisme di Tentang Anak
webinar Grand Launch Fitur Skrining Autisme di Tentang Anak

Pada kesempatan yang sama, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, Dokter Spesialis Anak yang juga Founder & CEO Tentang Anak menambahkan “Sejak awal 2022, Tentang Anak telah mendampingi lebih dari 53 juta masyarakat melalui edukasi parenting di berbagai platform. Tidak jarang kami menerima masukan dan saran dari orang tua terkait kebutuhan nyata yang ditemukan ketika mengasuh anak.”

“Oleh karena itu, kami mencoba untuk berinovasi dan memberikan solusi melalui aplikasi Tentang Anak, agar bisa terus mendampingi perjalanan parenting orang tua di segala situasi. Salah satunya dengan meluncurkan fitur skrining autisme, yang merupakan hasil kolaborasi bersama Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K), Ahli Neurologi Anak, Advisor Tentang Anak & Founder @AnakkuID dan disajikan dalam bentuk fitur di aplikasi Tentang Anak oleh tim Tentang Anak dan salah satu expert kami, dr. Jennie Dianita Sutantio, Sp. A, Dokter Spesialis Anak,” ujar dr. Mesty.

Setelah diluncurkannya fitur skrining autisme di aplikasi Tentang Anak, kini orang tua dapat dengan mudahnya memonitor perkembangan persona-sosial anak dengan mengenali gejala atau gangguan awal terkait ASD seperti ketika anak terlambat bicara.

Perlu dicatat bahwa fitur tersebut merupakan skrining awal yang dapat membantu orang tua, tapi tidak untuk menggantikan konsultasi medis dengan ahli. Tentang Anak berharap dengan adanya fitur ini, anak dengan autisme dapat terdeteksi lebih dini sehingga lebih cepat diterapi dan perkembangannya lebih optimal.

Pada pembukaan acara Grand Launch Fitur Skrining Autisme Tentang Anak, dr. Irma Ardiana, MAPS, Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN mengatakan, “Keluarga menjadi unit terkecil yang sangat penting dalam hal tumbuh kembang anak. Setelah melakukan berbagai survey pada keluarga Indonesia, saat ini keluarga Indonesia masuk ke definisi keluarga berkembang (2021). “

“Berangkat dari latar tersebut, dengan berbagai upaya yang tengah dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, dan juga melakukan sinergitas bersama para mitra dan individu, kami berharap dapat mewujudkan definisi keluarga tangguh nantinya, atau lebih baik dari definisi keluarga berkembang. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi Tentang Anak, yang telah memberikan komitmen nyata terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak Indonesia melalui berbagai inovasi, salah satunya fitur skrining autisme di aplikasi Tentang Anak,” ungkap dr. Irma.

Dari hasil webinar tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait ASD diantaranya :

  1. Kenali gejala gangguan atau kriteria ASD yang terjadi pada anak:
    • Gangguan sosial emosional, seperti mimik muka datar, sering tidak bereaksi, kontak mata kurang, cuek, tidak bermain dengan anak lain, tidak berbagi, tidak respon emosi timbal balik, dan tidak ada pretend play. 
    • Gangguan komunikasi, seperti tidak bicara, speech delay, bicara aneh atau sulit dimengerti dan ekolalia (mengulang kata-kata).
    • Gangguan interaksi sosial, seperti tidak memulai interaksi, menjawab seadanya, tidak bisa berinteraksi dalam waktu yang lama.
    • Anak menunjukan perilaku yang stereotipe, atau perilaku berulang kali dengan intensitas yang tidak wajar.
    • Gejala terjadi sejak usia dini, bahkan sudah dapat terlihat ketika usia kurang dari 3 tahun.
    • Gejala dapat berubah dengan umur dan terapi.
    • Gejala dapat menetap, terutama gangguan interaksi sosial.
  1. Jika terjadi beberapa gejala atau gangguan seperti yang disebutkan di atas, orang tua dapat melakukan:  Skrining ASD sudah tersedia secara online di aplikasi Tentang Anak, hasil kolaborasi bersama @AnakkuID dengan dua jenis skrining yang tersedia:
    1. Untuk anak usia 10-14 bulan bisa menggunakan ESAT (early screening autistic trait).
    2. Untuk anak usia 18-30 bulan bisa menggunakan M-CHAT.
  • Dan hasilnya pun bisa langsung terlihat setelah menyelesaikan skrining tersebut di aplikasi.

Tentang Anak berkomitmen untuk terus membantu lebih banyak orang tua di Indonesia dalam memantau perkembangan anak dengan mudah, cepat, praktis, bersama ahlinya melalui aplikasi yang saat ini dapat di unduh dengan gratis di App Store dan Play Store. Mari bersama bangun Indonesia lebih baik lagi dimulai dengan pengasuhan yang optimal di rumah didampingi oleh aplikasi Tentang Anak.

 

Tags: , ,


COMMENTS