January 12, 2022

Teknologi UltraRAM Janjikan Penggabungan RAM dan Storage dalam Satu Silikon

Penulis: Iwan RS
Teknologi UltraRAM Janjikan Penggabungan RAM dan Storage dalam Satu Silikon  

Mobitekno – Ide untuk menggabungkan memori (RAM) dan penyimpanan (storage) menjadi satu komponen demi pertimbangan efisiensi dan alasan teknis lainnya sudah ada sejak lama tetapi belum menjadi kenyataan. Namun, inovasi terbaru kali ini cukup memberi harapan ide tersebut bakal dapat terwujud.

Para ilmuwan di Departemen Fisika dan Teknik di Universitas Lancaster di Inggris baru-baru ini melaporkan terobosannya terkait ide tersebut melalui teknologi baru UltraRAM. Teknologi ini diklaim akan menggabungkan RAM dan storage menjadi satu elemen material. Tim riset UltraRAM optimis dengan progres yang selama ini dicapai selama ini.

Menurut artikel yang bersumber dari Tom’s Hardware, UltraRAM merupakan teknologi memori yang mencoba menggabungkan keunggulan non-volatilitas dari memori data storage (seperti flash) dengan kecepatan, efisiensi energi, dan daya tahan memori yang ada pada DRAM.

Klaim awal performa dan efisiensi teknologi ini sangat menjanjikan. Menurut laporan tersebut, teknologi memori ini diklaim mengusung rentang waktu penyimpanan data setidaknya 1.000 tahun dan konsumsi daya yang lebih rendah dari DRAM dan flash.

Skema teknologi UltraRAM yang menggunakan material lapisan super tipis quantum well InAs (indium arsenide) dan barier AlSb (aluminum antimonide). Metode ini diklaim unggul dalam aspek kecepatan dan efisiensi produksi dibandingkan teknologi RAM dan storage saat ini. (Lancester University)

 

Sebelumnya, beberapa ide penggabungan RAM dan data storage sudah ada tetapi masih menemui jalan buntu. Sebut saja, seperti teknologi resistive RAM, magnetoresistive RAM, dan phase-change memory. Intel pun pernah mencoba menjembatani ketimpangan performa antara memori dan storage di PC dengan teknologi Optane, tetapi ditarik kembali karena dianggap kurang efektif.

RAM modern dan SSD super cepat telah menggunakan memori flash, tetapi diimplementasikan dengan cara yang berbeda. Memori komputer hanya menyimpan informasi yang sedang digunakan secara temporer (volatile) alias jika Anda mematikan komputer, semua data akan hilang. Berbeda dengan data storage seperti SSD yang dapat menyimpan informasi secara permanen (non-volatile).

Meski beberapa ide sebelumnya kurang berhasil, lima fisikawan Universitas Lancaster yang menggagas tekonologi UltraRAM optimis. Menurut mereka, UltraRAM akan mendefinisikan ulang teknologi RAM dan storage sehingga tidak bersifat volatile (mampu menyimpan data dalam jangka lama) dan memiliki performa cepat dan dapat menggantikan RAM.

Landasan dasar dari teknologi UltraRAM adalah penerapan sifat unik dari senyawa semikonduktor yang biasa digunakan dalam perangkat fotonik, seperti LED, laser, dan detektor inframerah yang sekarang dapat diproduksi secara massal pada silikon. Para peneliti mengklaim bahwa penerapan terbaru silikon ini dapat mengungguli teknologi lainnya, seperti pada Gallium Arsenide semiconductor wafers.

Meskipun secara teoritis bagus di atas kertas, biaya produksi teknologi ini bisa menjadi hambatan utama. Peneliti Universitas Lancaster menyatakan bahwa masih banyak aspek yang perlu ditingkatkan lebih jauh, seperti melakukan fine-tune proses fabrikasi, melakukan produksi dan skala perangkat UltraRAM.

Tags: , , , , ,


COMMENTS