July 6, 2022

Wow! 215 Juta Kendaraan Pakai Software BlackBerry

Penulis: Rizki R
Wow! 215 Juta Kendaraan Pakai Software BlackBerry  

Mobitekno – Meski sudah lama tak terdengar namanya di pasar perangkat seluler, rupanya BlackBerry melalui BlackBerry Limited masih memproduksi perangkat lunak alias software untuk industri otomotif.

Perusahaan software asal Kanada mengumumkan pertumbuhan yang signifikan, di mana lebih dari 215 juta kendaraan sekarang menggunakan satu atau lebih produk BlackBerry.

Menurut laporan dari Strategy Analytics, sebuah perusahaan riset independen, terjadi lonjakan total kendaraan yang dilengkapi dengan perangkat lunak BlackBerry. Untuk mengetahui jumlah tersebut, badan riset membandingkan jumlah produk BlackBerry QNX yang dikapalkan di pasar otomotif dan jumlah mobil yang berisi produk dan teknologi BlackBerry QNX.

images 41

Sekadar informasi, QNX adalah sistem operasi yang dalam kasus mobil menggabungkan sekelompok fitur keselamatan penting, fitur keamanan, dan banyak lagi. Teknologi ini digunakan oleh perusahaan otomotif seperti BMW, Toyota, Mercedes-Benz dan Honda.

John Chen, Executive Chairman & CEO, BlackBerry mengungkapkan, “BlackBerry terus menjadi pemimpin pasar untuk perangkat lunak otomotif yang kritis terhadap keselamatan. Dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang konsisten, dari lebih dari 16 juta pada tahun 2013 menjadi lebih dari 215 juta hingga saat ini. Kami senang dipercaya oleh OEM otomotif,”

Keberhasilan ini membuat Blackberry diprediksi meraih pendapatan sekitar $ 560 juta pada akhir Q1 di tahun fiskal 2023. Di mana, perusahaan teknologi mengatakan bahwa 24 perusahaan kendaraan listrik menggunakan perangkat lunaknya dan memiliki rencana besar untuk menjadi bagian dari revolusi kendaraan otonom juga.

“Kendaraan otonom yang terhubung merupakan pusat pengembangan selanjutnya. Sehingga dua pasar utama yang dilayani BlackBerry IoT dan Keamanan Siber menyatu menjadi pasar yang saling bergantung dan terpadu, pertumbuhan kami di industri otomotif akan mempercepat munculnya perangkat pintar yang tepercaya di dunia,” tandas John Chen.

Tags: , , , , ,


COMMENTS