January 3, 2022

Perkuat Bisnis Game, Telkomsel Bentuk Anak Usaha Telkomsel Ekosistem Digital

Penulis: Muhammad R
Perkuat Bisnis Game, Telkomsel Bentuk Anak Usaha Telkomsel Ekosistem Digital  

Mobitekno – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) bersama PT Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) mendirikan perusahaan baru bernama PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED) pada tanggal 28 Desember 2021. Jumlah modal disetornya adalah sebesar Rp 197 miliar.

Di samping itu, Telkomsel juga mengalihkan kontrak usaha patungan (joint venture agreement) kepada perusahaan yang baru berdiri tersebut. Nilai kontrak usaha patungan direncanakan sebesar US$ 20 juta dengan porsi kepemilikan TED US$ 11 juta.

Dalam keterbukaan informasi Telkom, Kamis (30/12), pendirian perusahaan dan pengalihan kontrak joint venture ini berhubungan dengan pengembangan bisnis game.

“Telkom ingin memperkuat kompetensi dan kapabilitas di vertikal bisnis game, khususnya AAA (triple A) games,” kata manajemen Telkom.

Sebagai informasi, Telkomsel merupakan anak perusahaan yang dikendalikan langsung oleh Telkom dengan kepemilikan 65%. Kemudian, TMI merupakan anak perusahaan yang dikendalikan langsung oleh Telkomsel dengan kepemilikan lebih dari 99%.

Dengan begitu, rangkaian transaksi afiliasi dilakukan oleh perusahaan terkendali Telkom, yakni Telkomsel dengan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh perusahaan terkendali Telkom, yakni TMI dan TED.

 

Tags: , , ,


COMMENTS