August 2, 2022

Tiga Headset Gaming Sony INZONE Series dengan 360 Spatial Sound Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Tiga Headset Gaming Sony INZONE Series dengan 360 Spatial Sound Resmi Hadir di Indonesia  

Mobitekno – Sony secara resmi meluncurkan produk headset gaming (gaming headset) terbarunya Sony INZONE ke pasar tanah air. Headset untuk para gamer ini hadir dalam tiga varian yaitu Sony INZONE H3, H7, dan H9.

Ketiganya sudah dapat dibeli konsumen, khususnya para gamer melalui toko online/daring Sony Audio Indonesia di Shopee, Tokopedia dan situs belanja sony.co.id. Headset Sony INZONE ini juga dapat dibeli di toko resmi Sony Audio dan toko retail mitra Sony yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada kanal penjualan daring Shopee, headset Sony INZONE menariknya mendapatkan penawaran potongan harga sebesar Rp25.000. Sony juga memberikan paket penjualan berupa bundling sebesar Rp2.000.000 untuk setiap pembelian seri Sony INZONE dengan produk Sony Audio lainnya.

INZONE H3 menjadi headset yang termurah dari ketiganya, dibanderol sebesar Rp1,499 juta. Selanjutnya, INZONE H7 dijual seharga Rp 3,499 juta dan yang paling premium, INZONE H9 seharga Rp 4,499 juta.

Sony INZONE series 03
Abdurahman Tirza (Audio Visual Product Marketing PT Sony Indonesia), Tierison (Gaming influencer), Satoshi Shimada (Marketing Director PT Sony Indonesia), dan Ali Ichsan (Audio Visual Product Manager PT Sony Indonesia) saat peluncuran headset gaming Sony INZONE di Indonesia.

 

Melihat banderol harga, tentu dapat ditebak jika Sony menyasar segmen para audio enthusiast dan gamer pro. Headset gaming yang ideal tentu saja bukan sekadar memilki kulaitas audio yang bagus, tetapi ada bebberapa faktor lainnya yang perlu diperhaikan.

Misalnya saja faktor kualitas mikrofon yang memadai untuk melakukan komunikasi (video/voice call), tingkat kenyamanan untuk sesi permainan yang lama (maraton), dan faktor-faktor lainnya.

Menurut Abdurahman Tirza, Audio Visual Product Marketing Sony Indonesia, meski ketiganya berbeda harga, semua lini headset Sony INZONE ini telah mendukung fitur 360º Spatial Sound. Fitur ini membantu gamer dapat menangkap suara pergerakan musuh dari berbagai arah sehingga gamer dapat mengantisipasinya saat sedang berada dalam sesi permainan.

Teknologi 360º Spatial Sound merupakan hasil pengembangan Sony yang menggabungkan teknologi hardware dan software yang bisa diaktifkan melalui software dari perangkat PC disebut INZONE Hub.

Pada hardware, 360º Spatial Sound menghadirkan virtualiser baru untuk bermain game yang bisa mereproduksi sinyal audio stereo 2 channel dalam suara surround 7.1 channel.

Sedangkan pada bagian software, 360º Spatial Sound menyediakan 360 Spatial Sound Personalizer yang bisa menyesuaikan struktur bentuk telinga pengguna agar nyaman dikenakan meskipun dalam waktu yang panjang.

Sebagai perangkat audio buatan Sony, INZONE H7 dan H9 juga bisa dipadukan dengan PlayStation 5 untuk menghadirkan suara permainan yang lebih memanjakan telinga. Dengan Tempest 3D AudioTech, pemain PS5 bisa bebas mengatur suara spasial dan pada INZONE H7 serta H9 tersedia tombol suara game dan tombol untuk chat.

Sony INZONE series 02

Baik INZONE H7 dan H9 mendukung koneksi nirkabel yang bisa diisi dayanya melalui port USB tipe C. Sementara INZONE H3 masih menggunakan koneksi kabel.

Tirza mengatakan bahwa INZONE H3 mendukung low latensi dengan koneksi kabel sehingga suara bisa didengar dengan lancar. Kemudian INZONE H7 dan H9 menggunakan koneksi wireless 2,4GHz dan Bluetooth dengan latensi di bawah 5ms.

Baterai INZONE H7 diklaim bisa bertahan hingga 40 jam, sedangkan INZONE H9 mencapai 32 jam dengan fitur noise cancelling aktif. Adapu INZONE H9 sebagai varian tertinggi menjadi satu-satunya headset gaming seri Sony INZONE yang mendukung sensor dual noise untuk meredam suara di sekitarnya.

INZONE H9 juga dibekali tombol mode ambient yang memungkinkan pengguna bisa beralih dengan cepat untuk mematikan fitur noise cancelling. Fitur mode ambient ini berguna buat pengguna yang tiba-tiba mendapat panggilan telepon atau diajak ngobrol dengan orang lain.

Headset Sony INZONE dilengkapi mikrofon yang membentang ke mulut pengguna/gamer. Mikrofon pada INZONE H3 hadir dalam warna hitam, sedangkan INZONE H7 dan H9 berwarna putih. Ketiganya sudah dilengkapi bantalan headband berbahan nilon yang lembut dan mampu mengisolasi suara dari dalam.

Meskipun headset ini difokuskan untuk para gamee, Sony INZONE juga sangat layak digunakan untuk aktivitas non-gaming, seperti menonton film, mendengar lagu, video conference, dan lainnya.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS