October 1, 2022

Bahas Best Practice Desain Produk, Tokopedia Luncurkan Konferensi Teknologi START Elevate

Penulis: Muhammad Rizki
Bahas Best Practice Desain Produk, Tokopedia Luncurkan Konferensi Teknologi START Elevate  

Mobitekno – Tokopedia baru saja meluncurkan konferensi teknologi START Elevate, yang secara khusus untuk membahas praktik terbaik dalam dunia desain produk.

Konferensi daring ini dapat disaksikan siapa pun secara gratis pada hari ini, Sabtu, 1 Oktober 2022, melalui situs atau YouTube Tokopedia Academy dan kanal video streaming Tokopedia Play.

Acara yang mengangkat tema ‘Humanizing Design at Scale’ tersebut menghadirkan puluhan pakar desain produk–contohnya Head of Product and UX Research Tokopedia, Jesslyn Siswanto, dan AVP of Product Design Tokopedia, Momo Halim.

Jesslyn dan Momo pun membocorkan tips sukses berkarir sebagai desainer produk yang materi selengkapnya bisa didapat melalui START Elevate.

“Dengan keberagaman latar belakang masyarakat Indonesia, seperti suku, kondisi sosial maupun ekonomi, mempertimbangkan preferensi konsumen sangat penting saat mendesain sebuah produk,” jelas Jesslyn.

Sementara itu, Momo mengungkapkan, “Perubahan terus terjadi di ranah desain produk dan teknologi, maka keterbukaan terhadap pandangan/kebutuhan baru dari tim maupun pengguna, dan berempati terhadap dampak dari hal baru tersebut menjadi sangat penting. Kita bisa membiasakan diri untuk berempati dengan dimulai dari mau mendengarkan,” kata Momo.

Kembangkan keterampilan User Interface/User Experience (UI/UX) – UI/UX adalah komponen desain produk yang menentukan journey dan tampilan visual (warna atau kreativitas, dsb) dalam sebuah produk digital, misalnya aplikasi, serta memastikan langkah-langkah penggunaan produk tersebut ramah dan nyaman bagi pengguna.

Seiring dengan semakin matangnya sistem desain, desainer produk akan semakin banyak berkolaborasi dengan tim UI/UX untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang optimal.

Bangun pengalaman mengolah data – Mencari dan mengolah data, serta menganalisisnya secara sistematis dan terstruktur adalah kunci. Seorang desainer produk banyak bersinggungan dengan data, misal conversion rate, click-through rate (CTR), metrik finansial, dan lainnya. Hasil analisis atau insights dari data akan berguna dalam proses penyempurnaan produk.

Kedepankan sinergi dan kolaborasi – Seorang desainer produk bekerja sama dengan banyak tim. Contohnya, guna meningkatkan kualitas fitur layanan, seorang desainer produk perlu berkolaborasi dengan tim riset dan tim engineer agar fitur tersebut menjawab kebutuhan pengguna secara akurat.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS