October 21, 2021

Aruba Hadirkan Evolusi Baru dalam Arsitektur Switching Melalui Aruba CX 10000 Series Switch

Penulis: Desmal Andi
Aruba Hadirkan Evolusi Baru dalam Arsitektur Switching Melalui Aruba CX 10000 Series Switch  

Mobitekno – Aruba yang menjadi perusahaan Hewlett Packard Enterprise kembali memperkenalkan solusi baru kepada para pelanggannya, yaitu Distributed Service Switch. Solusi ini adalah yang pertama di industri, sehingga perusahaan bisa menerapkan stateful services berbasis software. Data akan diciptakan dan diproses tanpa dukungan perangkat dan software host lama untuk membangun hybrid cloud.

“Pasar-pasar di masa transisi menciptakan peluang-peluang baru terjadinya disrupsi. Ketika Cloud bergerak ke Edge, layanan terdistribusi mendisrupsi semuanya, mulai dari AI/ML, hingga 5G dan virtualisasi,” ucap John Chambers, chairman Pensando, CEO JC2 Ventures, dan mantan CEO Cisco Systems.

“Kategori baru ini – Distributed Services Switch, yang dihadirkan oleh software-in-silicon dari Pensando, membuat proses penerapan layanan terdistribusi, yang sebelumnya hanya tersedia bagi hyperscaler seperti AWS, di sebuah perusahaan menjadi sederhana dan lebih hemat biaya. Dengan menghilangkan perangkat dan software host lama, perusahaan-perusahaan dapat menghadirkan jaringan yang kapasitasnya 100x lebih besar dan performanya 10x lebih besar dengan biaya total kepemilikan atau TCO (total cost of ownership) hanya 1/3 biaya dengan pendekatan tradisional,” lanjut Chambers.

Solusi di kategori ini dihadirkan Aruba melalui produk Aruba CX 10000 seriws Switch. Ini adalah switch data center generasi baru yang dapat menggabungkan L2/3 switching data center Aruba dengan DPU (Pensando Elba). Prosesnya, sepernuhnya bisa diprogram. Dan ini adalah satu-satunya solusi di industri yang mendukung inline stateful services berbasis software dalam skala besar. Dengan begitu, Switch terbaru ini menghadirkan performa setara jaringan kabel dan peningkatan kapasitas serta berforma berkali-kali lipat switch L2/3 data center tradisional dengan TCO hanya sepersekiannya.

“Aruba dan Pensando telah menciptakan arsitektur layanan terdistribusi pertama di industri yang dengan ini perusahaan-perusahaan dapat menciptakan dan mengoperasikan infrastruktur jaringan yang kinerja dan skalabilitasnya setara dengan raksasa infrastruktur hyperscale,” kata Alan Weckel, founder dan technology analyst 650 Group.

“Kami percaya ini adalah kategori baru di industri yang berbeda dengan yang lain dan akan tumbuh seiring waktu. Beban kerja baru dan tengah naik daun seperti AI/ML akan menggerakkan ekosistem tersebut menuju solusi-solusi setara yang berbasisi prinsip layanan terdistribusi yang inovatif,” tambah Weckel.

Aruba cx 10000 series switch
Aruba CX 10000 series switch

Beralih ke Arsitektur Layanan Terdistribusi Baru

Aruba CX 10000 Series Switch dengan Pensando menghadirkan solusi switching yang kelasnya sama sekali baru untuk mendobrak batas-batas artistektur lama. Dengan Aruba CX 10000 para operator dapat memperluas jaringan leaf-spin standar industri dengan segmentasi stateful terdistribusi, firewall server-ke-server, NAT, enkripsi dan layanan telemetri – semua dihadirkan secara inline, setiap saat, pada setiap port akses, lebih dekat ke aplikasi penting perusahaan dijalankan.

Solusi ini menyediakan kombinasi unik antara kinerja, skala, dan otomatisasi untuk mendistribusikan jaringan dan layanan keamanan canggih di suatu lingkungan jaringan terpusat di mana pergerakan trafik tidak praktis dan mahal. Perusahaan-perusahaan kini dapat dengan mudah menerapkan layanan-layanan terdistribusi  di tepi lapisan akses jaringan tempat aplikasi-aplikasi. Penggunaan-penggunaan awal utama meliputi:

  • Data Center On Premise dan Private Cloud Perusahaan: Arsitektur data center tradisional dengan tool keamanan berbasis hardware dan tersentralisasi semakin ditinggalkan – karena memaksakan performa, kelincahan dan beban biaya yang tidak selamanya bisa dipenuhi. Aruba CX 10000 memberikan arsitektur menarik untuk mendistribusikan layanan-layanan canggih ke tepi data center dengan jaringan dan otomatisasi keamanan serta manajemen kebijakan terpadu. Solusi baru ini mengoptimalkan bandwidth dan kinerja jaringan dengan tidak menempatkan trafik lokal yang padat ke titik-sempit (chokepoint) terpusat, sehingga membantu meningkatkan keamanan serta mengurangi penggunaan perangkat yang tersebar, kerumitan dan biaya.
  • Co-location Edge –Menghubungkan Para Penyedia Cloud Secara Aman: Biaya enkripsi akses ke public cloud  dengan menggunakan perangkat tradisional sangat besar. Banyak pelanggan memiliki mandat kepatuhan untuk mengenkripsi semua akses ke sumber daya public cloud. Aruba CX 10000 menyediakan edge routing, enkripsi line-rate, firewall dan NAT, dengan telemetri end-to-end untuk koneksi khusus public cloud on premise atau data center co-location. Solusi ini secara radikal mengurangi biaya total kepemilikan, menyediakan arsitektur keamanan yang optimal dan mengurangi radius dan risiko gangguan IT yang terjadi di sebuah perusahaan.

Solusi baru yang melengkapi Pensando Distributed Services Platform (DSP) for HPE Servers ini sebelumnya sudah diluncurkan. Ini sebagai opsi pabrik di server HPE ProLiant, sistem HPE Apollo dan sistem HPE Edgeline Converged Edge

Aruba CX 10000 memperluas implementasi layanan intelejen ini ke dalam fabric jaringan data center, sehingga menargetkan jangkauan penggunaan yang lebih luas termasuk penerapan brownfield atau infrastruktur/lingkungan agnostic yang heterogen untuk melengkapi atau mengubah pemanfaatan SmartNIC.

Tags: , ,


COMMENTS