February 16, 2021

Review Galaxy SmartTag, Si Kecil yang Dapat Temani Barang Berharga Kita agar Tidak Hilang

Penulis: Desmal Andi
Review Galaxy SmartTag, Si Kecil yang Dapat Temani Barang Berharga Kita agar Tidak Hilang  

Mobitekno – Seringkah Anda menemukan kejadian seperti ini? Saat sedang terburu-buru untuk berangkat ke kantor, Anda pun lupa dimana letak kunci kendaraan. Seluruh penghuni rumah pun turut sibuk mencarinya. Atau kejadian lainnya, dimana kucing peliharaan Anda sedang tidak di rumah. Anda pun tidak tahu keberadaannya. Padahal hari sudah menjelang malam. Hal ini membuat Anda khawatir dengan hewan peliharaan kesayangan tersebut.

Kasus-kasus lupa dengan posisi terakhir barang-barang penting ini tentunya sering dialami siapa saja. Oleh sebab itu, berlatar belakang kasus tersebut, Samsung pada awal tahun 2021 ini menghadirkan SmartTag. Ini merupakan perangkat kecil yang unik, yang dapat melacak keberadaan barang-barang kesayangan Anda. Bekerja dengan Galaxy Ecosystem melalui aplikasi SmartThings Find, SmartTag bisa menjad alat pelacak yang mumpuni.

Menariknya, tidak hanya barang-barang yang ditemani SmartTag ini yang bisa ditemukan melalui smartphone. Keadaan sebaliknya juga bisa. Saat Anda lupa dengan letak smartphone, Anda bisa membunyikannya melalui SmartTag. Jadi, SmartTag bekerja secara dua arah. Mobitekno berkesempatan menguji perangkat kecil ini. Dan ternyata sangat membantu dalam mencari barang-barang yang sering hilang atau lupa letak penyimpanannya.

SmartTag1

Kelengkapan

Samsung SmartTag hadir dalam sebuah kotak kecil berwarna putih yang sederhana. Tidak banyak penjelasan di bagian luar. Namun di dalamnya tersedia lengkap mengenai cara penggunaan dalam buku petunjuk singkatnya.

Berikut ini isi paket penjualannya:

  1. Samsung SmartTag berwarna hitam
  2. Buku petunjuk singkat
  3. Kartu garansi

Desain

Samsung SmartTag hadir dalam ukuran 38,1 x 39,1 x 10,4 mm. Beratnya hanya 13 gram. Perangkat ini menggunakan baterai jenis kancing untuk menunjang operasionalnya. Menurut Samsung, baterai ini bisa bertahan lama, hingga satu tahun. Untuk penggantian baterai juga bisa dilakukan sendiri, tanpa harus ke gerai atau servis resmi Samsung.

Desain kecil dan nyaman dipegang

Bentuk kotaknya ini tidak kaku alias ada bagian yang melengkung di bagian tepi. Sudutnya juga dibuat halus. Jadi sangat nyaman untuk dipegang atau diletakkan di saku celana Anda saat dipasang berbarengan dengan kunci kendaraan atau rumah. Logo Samsung tercetak di bagian belakang. Sementara di bagian depan ada sebuah tombol dengan tulisan Samsung SmartTag di bagian tengahnya. Tombol ini didesain menyatu dengan bodi SmartTag.

Menggunakan baterai jenis kancing CR2032

Sementara di bagian atasnya ada lubang untuk memasang SmartTag ke alat pegangan kunci. Bisa juga dipasang ke kalung untuk menemani hewan peliharaan Anda agar mudah dilacak keberadaannya setiap saat. Lubang ini cukup besar sehingga akan mudah memasangnya ke gantungan kunci, pegangan tas, atau kalung di hewan peliharaan Anda.

Fitur dan Performa

Saat dinyalakan dengan menekan sekali tombol tengah SmartTag, smartphone Samsung Anda langsung mendeteksinya. Lakukan sinkronisasi antara Smartphone Samsung Galaxy dengan SmartTag ini agar bisa masuk ke ekosistem SmartThings. Setelah masuk ke dalam aplikasi SmartThings, Anda bisa melakukan sedikit custom settings untuk SmartTag ini.

Namun, fungsi bawaannya bisa Anda jalankan dengan mudah. Dimana dengan menekan sekali tombol pada SmartTag, Anda akan mengaktifkan perangkat. Menekan dua kali secara cepat akan menjalankan fungsi pelacakan. Ini berlaku untuk mencari perangkat smartphone dari SmartTag.

Sebaliknya, jika mencari posisi SmartTag, Anda harus menjalankan dari aplikasi SmartThings di smartphone Galaxy. Bahkan, melalui fungsi peta di SmartThings Find, Anda bisa melihat posisi SmartThings. Di aplikasi SmartThins ini Anda juga bisa menentukan profil untuk SmartTag saat tombol SmartTag ditekan.

Mencari barang-barang yang sering lupa posisinya, menjadi lebih mudah

Di aplikasi SmartThings Find, Anda diberikan tiga opsi di dalamnya. Pertama adalah Search Nearby untuk melihat dan melacak posisi SmartTag di sekitar kita. Kedua adalah Navigate. Ini sama dengan fungsi navigasi pada Google Maps. Anda akan diarahkan untuk menemukan SmartTag. Dan ketiga adalah “Ring” untuk membunyikan SmartTag sehingga akan keluar suara yang mudah didengar oleh pemiliknya.

Kesimpulan

Samsung SmartTag merupakan solusi yang paling oke untuk Anda yang sering lupa dengan posisi barang-barang penting. Perangkat ini didesain dengan bentuk yang tidak kaku sehingga sangat nyaman digenggam dan tidak berat.

Menariknya, Samsung SmartTag bisa bekerja dua arah. Jadi, Anda tidak hanya bisa memanfaatkan SmartTag untuk melacak keberadaan barang-barang Anda, tetapi juga sebaliknya. Anda bisa mencari keberadaan smartphone.

Proses pengoperasiannya juga mudah, hanya memanfaatkan aplikasi SmartThings di smartphone Samsung Galaxy. Dari aplikasi ini, Anda bisa menggunakan fitur-fitr SmartTag dengan lebih maksimal. Bahkan, Anda bisa menemukan SmartTag dalam tampilan peta yang tentunya akan lebih jelas dimengerti.

Tags: , , ,


COMMENTS