November 3, 2021

Telkomsel Gelar Program DCE 2021 untuk Mendongkrak Kompetensi Digital UKM Lokal

Penulis: Muhammad R
Telkomsel Gelar Program DCE 2021 untuk Mendongkrak Kompetensi Digital UKM Lokal  

Mobitekno – Upaya untuk terus mengakselerasi transformasi digital sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia terus dilakukan Telkomsel. Yang terkini, perusahaan pelat merah ini menghadirkan program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2021.

Melalui program corporate social responsibility tersebut, Telkomsel ingin membuka peluang lebih luas bagi pelaku UKM untuk meningkatkan kapabilitas digitalnya melalui rangkaian kegiatan webinar, (workshop), dan pendampingan (mentoring). Mereka pun diharapkan dapat berdaya saing di tingkat nasional maupun global.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso menjelaskan bahwa Telkomsel menghadirkan Digital Creative Entrepreneurs 2021 sebagai salah satu langkah untuk memaksimalkan pemberdayaan sektor UKM melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Tujuannya agar mereka bisa menjadi smart digitalpreneur yang terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi untuk mengoptimalkan pemasaran, brand value, hingga menghasilkan produk inovatif yang mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan.

“Inisiatif ini juga bagian dari upaya kami dalam #UnlockingOpportunities dan mendukung upaya pemerintah agar sektor UKM dapat melewati berbagai tantangan, sehingga tetap menjadi penggerak roda perekonomian bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi,” kata Andry, melalui virtual conference, Selasa (2/11).

Pada tahun sebelumnya, Telkomsel pernah menggelar program sejenis melalui Digital Creative Millenials yang khusus menyasar segmen usaha kecil khusus busana milenial melalui program solusi satu pintu berskema kemitraan dengan komunitas pemasok dan pemasar lokal di Jawa Barat.

Kali ini, Telkomsel melakukan pendekatan berbeda dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi para entrepreneur dan brand owners lokal, di mana program DCE 2021 terbuka bagi para pelaku UKM di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.

Program dihadirkan dengan mengusung semangat kolaborasi yang melibatkan ekosistem digital Telkomsel (99% Usahaku, Telkomsel MyAds, dan Kuncie) serta Emtek Digital (Bukalapak, Vidio, dan KLY).

Aksi kolaboratif tersebut diharapkan dapat menjadikan DCE 2021 sebagai wadah yang lebih optimal dalam mendorong kemajuan sektor UKM lokal untuk lebih berkembang dengan teknologi digital.

Tahap Seleksi

Sementara itu, pendaftaran dan rangkaian program Digital Creative Entrepreneurs 2021 dapat diakses melalui tautan www.dce.co.id dan kegiatan perjalanan DCE 2021 bisa diakui di media sosial @DCE_ID.

Dalam program DCE 2021, terdapat beberapa tahap penyeleksian 150 UKM untuk dapat mengikuti rangkaian program. Para peserta UKM terpilih akan menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu yang akan didukung oleh sejumlah ahli (expert) yang berada di ekosistem digital Telkomsel.

Selain itu, UKM terpilih akan mendapatkan akses ke ratusan modul pembelajaran yang dapat diakses melalui website www.dce.co.id, mulai dari brand & design, storytelling, business & campaign, legal & IP rights, digital & social media, market research, quality control, hingga leadership & growth.

Selanjutnya, peserta akan kembali disaring hanya menjadi 15 peserta UKM untuk dapat mengikuti sesi workshop, orientasi, dan mentoring selama satu minggu.

Pada akhir program, Telkomsel akan menghadirkan program festival virtual UKM dengan memberikan kesempatan kepada 150 peserta DCE 2021 untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Tags: , , , ,


COMMENTS