September 2, 2021

Kolaborasi Oppo, FORWAT, dan AJI Distribusikan Donasi Rp100 Juta untuk Jurnalis Terdampak Covid-19

Penulis: Rizki R
Kolaborasi Oppo, FORWAT, dan AJI Distribusikan Donasi Rp100 Juta untuk Jurnalis Terdampak Covid-19  

Mobitekno – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Tanah Air belum juga usai. Jumlah orang terinfeksi Covid 19 masih saja ada hingga saat ini, termasuk kalangan jurnalis yang menjadi salah satu profesi paling rentan. Mereka yang terdampak Covid-19 tentu membutuhkan dukungan untuk melewati masa sulitnya.

Guna meringankan beban jurnalis yang terdampak Covid-19 di Indonesia, Forum Wartawan Teknologi (Forwat) berkolaborasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendapat kepercayaan dari Oppo Indonesia untuk menyalurkan donasi sebesar Rp100 juta. Bantuan ini akan diberikan kepada jurnalis, terutama yang meliput di sektor teknologi dan telekomunikasi. Meski demikian, Forwat, AJI dan Oppo Indonesia tetap membuka peluang bagi jurnalis lainnya secara umum.

“Dalam situasi seperti ini, Oppo mengedepankan untuk dapat meringakan beban rekan-rekan jurnalis terutama yang terdapmak Covid-19. Penyaluran melalui Forwat & AJI dipilih karena kesamaan tujuan untuk tidak hanya membantu rekan-rekan jurnalis secara umum, namun juga keluarga inti yang terdampak. Semoga apa yang kami lakukan dapat bermanfaat dan menjadi contoh untuk industri saling merangkul untuk membantu sesama,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Ketua Umum Forwat, Danang Arradian, mengungkapkan selama ini Forwat bersama rekan-rekan jurnalis telah beberapa kali melakukan penggalangan dana untuk membantu rekan sesama profesi yang terdampak Covid-19. Kolaborasi antara Forwat, AJI dan Oppo Indonesia dimaksudkan agar bantuan bisa menjangkau lebih banyak jurnalis, terutama di sektor teknologi dan telekomunikasi dan jurnalis umum lainnya.

donasi forwat oppo2

“Forwat mengucapkan terima kasih kepada Oppo yang menjadi vendor yang paling sigap menunjukkan kepedulian dan empati terhadap teman-teman jurnalis yang terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban teman-teman yang terdampak Covid-19” ujar Danang.

Sementara itu Sekjen AJI Ika Ningtyas mengatakan selama ini banyak rekan jurnalis yang terdampak pandemi Covid 19 selama ini.

“Kolaborasi seperti ini memang diperlukan untuk membantu banyak rekan jurnalis yang terdampak akibat pandemic Covid 19. Baik jurnalis yang berstatus karyawan tetap, kontrak hingga freelance” ungkapnya.

Program penyaluran donasi tersebut akan dikelola Forwat yang berkolaborasi dengan AJI. Penyaluran ini akan dimulai pada September 2021. Jurnalis yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan dirinya sendiri dan atau keluarga inti (istri/suami, dan anak) untuk bisa mendapatkan bantuan donasi ini. Info lebih lanjut dapat dilihat di www.forwat.id dan www.aji.or.id.

Tags: , , ,


COMMENTS