August 29, 2020

The NextDev Hub Virtual Talks Edisi Ketiga: Dorong Inovasi Ekosistem Digital di Indonesia

Penulis: Rizki R
The NextDev Hub Virtual Talks Edisi Ketiga: Dorong Inovasi Ekosistem Digital di Indonesia  

Mobitekno – The NextDev Hub Virtual Talks edisi ketiga telah rampung digelar melalui kanal YouTube Live. Program besutan Telkomsel ini mencakup rangkaian diskusi panel, webinar, dan workshop membahas pentingnya inovasi pada pertumbuhan perusahaan, startup, dan bisnis lainnya bersama pembicara yang merupakan praktisi di berbagai bidang.

VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin memaparkan bahwa The NextDev merupakan sebuah program CSR yang dikembangkan untuk mendukung pertumbuhan startup digital dengan misi sosial dan mempercepat pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

“Melalui The NextDev Hub, kami berupaya memfasilitasi startup dengan program pengembangan kapasitas seperti workshop, seminar, pelatihan, diskusi panel, meet-up, dan virtual talks. Dengan adanya The NextDev Hub Virtual Talks, kami dapat memberikan wadah bagi peserta agar bisa berinteraksi dan berdiskusi tentang isu terkini sekaligus materi pembelajaran untuk startup Indonesia dengan mengundang para ahli industri di bidangnya.” jelas Denny.

The NextDev Hub Virtual Talks #3, yang kali ini merupakan edisi khusus dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, terbagi ke dalam tiga topik diskusi. Sesi pertama yang turut diisi oleh Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia), Firdaus Juli (Co-Founder & CMO Benihbaik.com), dan Denny Abidin (VP Corporate Communications Telkomsel) membahas “Leading Innovation: Developing a Lean and Curious Culture”.

Dari topik ini, diketahui bahwa ada tiga pilar penting bagi perusahaan maupun startup dalam berinovasi atau bertransformasi, yaitu teknologi terkini yang sesuai kebutuhan bisnis, sumber daya manusia dengan pola pikir digital, serta SOP yang terdigitalisasi.

The NextDev Hub Virtual Talks 3 2

Sesi tersebut dilanjutkan dengan diskusi ringan bersama Adrian Gilrandy (Co-Founder PTS.sc) dan Ifa Hanifah (Managing Director NAH Project) mengenai “Enabling Digital Transformation Through Technology”. Mereka membahas pentingnya pelaku usaha untuk fokus pada kompetensi bisnis utamanya serta kolaborasi sebagai fundamental dalam bertransformasi.

The NextDev Hub Virtual Talks #3 ditutup dengan diskusi panel yang mengangkat topik “Towards an Innovation Culture: Enhancing Innovative Performance of Small Business” bersama Sofian Hadiwijaya (Co-Founder Warung Pintar) dan Jezzie Setiawan (Co-Founder dan CEO Gandengtangan).

Sesi ini membahas peran teknologi untuk menghapus keterbatasan bagi usaha mikro agar bisa tumbuh dan naik kelas. Sejumlah ratusan peserta hadir dan berbagi ilmu dengan para pembicara mengenai peran budaya inovatif dalam menumbuhkan bisnis.

Melalui The NextDev Hub Virtual Talks #3, Telkomsel menegaskan komitmen dalam mengutamakan inovasi dan kolaborasi untuk melayani negeri dan menghadirkan manfaat teknologi digital tepat guna bagi masyarakat. Spirit tersebut pun telah diwujudkan melalui produk dan layanan digital inovatif seperti Telkomsel Orbit, VoLTE, dan CloudX.

Telkomsel juga sukses menjalankan corporate startup yang melahirkan by.U, layanan telekomunikasi serba digital pertama di Indonesia. Tidak hanya itu, Telkomsel turut menanamkan budaya inovasi kepada karyawan melalui program internal seperti InnoXtion yang mendorong setiap insan untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi keberlanjutan perusahaan.

Tags: , , ,


COMMENTS