October 26, 2020

Review Samsung Galaxy Buds Live, Memang Terbukti Lebih Nyaman di Telinga

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy Buds Live, Memang Terbukti Lebih Nyaman di Telinga  

Mobitekno – Samsung Galaxy Buds Live merupakan salah satu produk yang hadir bersamaan dengan peluncuran Samsung Galaxy Note20 Series. Kehadiran Galaxy Buds Live ini melengkapi perangkat True Wireless Stereo (TWS) Samsung sebelumnya, yaitu Galaxy Buds dan Galaxy Buds Plus. TWS ini memiliki bentuk yang unik, seperti kacang, dan ditujukan untuk pengguna Samsung yang ingin mendengarkan audio dengan nyaman dalam waktu yang lama.

Kehadiran Samsung Galaxy Buds Live ini tentunya turut meramaikan pasar TWS yang kini ramai dilakukan oleh hampir semua vendor smartphone. Oleh sebab itu, dengan keunikan desain yang ada di perangkat ini, diharapkan dapat menarik perhatian banyak orang. Sebagai perangkat TWS premium, Galaxy Buds Live juga dibekali fitur-fitur audio terkini dan canggih.

Samsung Galaxy Buds Live menawarkan pengalaman mendengarkan audio yang lebih tinggi. Bentuknya yang unik, berbeda dari kebanyakan TWS yang beredar saat ini, membuat perangkat ini bisa menjadi TWS yang dicari-cari pengguna Samsung. Apalagi kualitas suara yang dihasilkan juga sangat baik. Oleh sebab itu, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan Mobitekno mengenai Samsung Galaxy Buds Live ini.

Kelengkapan

Samsung Galaxy Buds Live hadir dalam kemasan yang sangat kompak, dengan ukuran boks yang kecil. Kotak kemasannya mirip dengan Galaxy Buds atau Galaxy Buds Plus sebelumnya. Untuk perangkat TWS yang Mobitekno coba ini memiliki warna putih.

Berikut ini item-item yang ada di paket kemasannya:

  1. Sepasang TWS Galaxy Buds Live berwarna putih lengkap dengan charging case-nya
  2. Kabel charger USB type C berwarna putih
  3. Buku petunjuk singkat
  4. Sepasang wing tip

Desain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung Galaxy Buds Live ini memang tampil berbeda dengan TWS lainnya. Desainnya seperti kacang dan menganut sistem open type alias hanya menempel di lubang telinga. Hal ini berbeda dengan Galaxy Buds atau Galaxy Buds Plus yang mengusung desain canal type earbuds, dimana harus dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Perangkat ini datang bersama charging case yang berwarna senada dengan Galaxy Buds Live. Cangkangnya ini selain berfungsi sebagai pelindung TWS, juga berfungsi sebagai pengisi daya saat perangkat TWS tersebut diletakkan di dalamnya. Di bagian luar terdapat satu lampu indikator yang akan menyala saat proses pengisian daya dengan kabel USB Type C berlangsung. Sementara satu indikator lagi ada di bagian dalam. Port USB typr C-nya sendiri ada di bagian belakang. Charging Case ini memiliki permukaan berwarna putih glossy, dengan logi Samsung di bagian tengah.

Untuk perangkat TWS-nya sendiri juga mengusung permukaan berjenis glossy berwarna putih. Speaker TWS ini ada di bagian bawah. Sementara untuk bagian atasnya terdapat sensor sentuh dan sensor lainnya yang membuat perangkat akan mati saat terlepas dari telinga. Karena bersifat open type alias hanya menempel, dibagian atas terdapat wing tip untuk mengunci perangkat ke telinga agar tidak mudah jatuh.

Karena bentuknya yang unik, kami pun sempat bingung posisi yang pas untuk meletakkan Galaxy Buds Live di telinga. Caranya memasangnya memang mirip Galaxy Buds, namun tidak perlu memasukkan ke lubang telinga. Bagian bawah perangkat didorong terlebih dahulu sampai mentok lalu kemudian mengatur posisi wing tip di bagian atas hingga mengunci di bagian telinga.

Namun, setelah terpasang, memang sesuai dengan apa yang dikatakan Samsung pada peluncurannya. Galaxy Buds Live ini untuk pengguna yang ingin mendengarkan musik dalam waktu yang lebih lama. Desain open type-nya membuat perangkat nyaman berada di telinga karena tidak perlu masuk ke lubang telinga yang terkadang membuat agak sakit jika digunakan dalam waktu lama.

Fitur dan Performa

Agar perangkat ini menyala dan bisa digunakan, terlebih dahulu Anda harus memanfaatan aplikasi Galaxy Wearable, aplikasi yang sama dengan Galaxy Watch3. Lakukan pairing dan bebrapa setting singkat hingga perangkat siap digunakan.

Perangkat ini memiliki fitur Active Noise Canceling untuk mengurangi gangguan suara dari sekitarnya. Fitur ini bisa diaktifkan dari dalam aplikasi Galaxy Wearable. Selain itu ada juga fitur equalizer yang juga bisa diatur di aplikasi. Ada enam pilihan di equalizer ini, yaitu Soft, Bass Boost, Normal, Dynamic, Clear, dan Treble Boosr. Anda tinggal menyesuaikan dengan tipe suara yang Anda sukai.

Pengoperasian erangkat ini murni menggunakan kontrol sentuh. Arean kontrol sentuh ini ada di bagian luar atas TWS. Sentuh atau tap saja sekali untuk mengaktifkan perangkat atau menjalankan sebuah musik. Selanjutnya, melakukan tap dua kali akan membuat Anda beralih ke musik berikutnya. Tap dua kali ini juga berfungsi untuk menjawab atau mengakhiri panggilan telpon. Untuk tap tiga kali, Anda akan memutar musik di track sebelumnya. Dan terakhir, tap dan tahan yang lama, akan menuju ke preset yang Anda tentukan di aplikasi. Cara terakhir ini juga berfungsi untk menolak panggilan telpon.

Anda juga bisa membuat perangkat TWS ini membacakan pesan yang masuk ke smartphone atau memberikan informasi mengenai jadwal yang harus dilakukan. Pengaturan aplikasi mana saja yang notifikasinya akan dibacakan, Anda bisa mengaturnya dari aplikasi Galaxy Wearable.

Galaxy Buds Live juga dilengkapi dengan fitur Find My Earbuds. Fitur ini dapat membunyikan TWS saat tercecer di luar dari charging case-nya. Di dalam aplikasi ini juga diberikan beberapa tips dalam menggunakan Galaxy Buds Live dengan benar.

Perangkat TWS ini juga dilengkapi dengan tiga buah mikrofon di setiap earbud. Dua mikrofon ada di bagian luar. Sementara satu mikrofon ada di bagian dalam. Dengan sensitivitas yang tinggi, Anda bisa menggunakan mikrofon dengan suara yang terdengar jernih, walau posisinya jauh dari mulut Anda.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Buds Live ini mendukung koneksi Bluetooth versi 5. Selain itu, perangkat ini juga sudah mendukung dua sistem operasi yang populer di perangkat mobile, yaitu Android dan IOS. Spesifikasi lebih detail bisa dilihat dalam tabel berikut:

 

Dimensi earbuds Galaxy Buds Live 16,5 x 27,3 x 14,9mm
Dimensi Charging Case 50 x 5,2 x 27mm
Koneksi Bluetooth 5.0
Sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Hall, Touch, Grip, VPU
Baterai 60mAh (earbuds) dan 472mAh (charging case)
Durasi baterai 6 jam

 

Kesimpulan

Walau dengan desian yang unik, Galaxy Buds Live ini mampu menghadirkan kualitas suara yang baik. Bahkan, menu untuk pengaturan suara disediakan lengkap.pada aplikasi Galaxy Wearable. Proses install-nya juga sangat mudah.

Desain yang open type juga membuat perangkat ini nyaman berlama-lama menempel di telinga Anda. Memang, segmen untuk perangkat TWS ini adalah orang yang ingin lebih lama mendengarkan musik. Jadi desain ini memang sudah dipikirkan matang oleh Samsung.

Menariknya lagi, seperti yang diutarakan Samsung pada saat meluncurkan produk ini, Galaxy Buds Live dibuat dari bahan daur ulang. Hal ini kami apresiasi karena mendukung pelestarian alam. Charging case-nya yang berukuran kompak juga membuatnya mudah diletakkan di saku celana atau baju. Hanya saja, untuk selalu ingat memasukkan kembali earbud ke dalam charging case-nya, begitu Anda selesai mendengakan musik. Hal ini mencegah kehilangan earbud yang berukuran kecil.

Tags: , , ,


COMMENTS