September 16, 2020

Penghematan, FCA dan PSA Ubah Persyaratan Merger yang Melahirkan ‘Stellantis’

Penulis: Rizki Romdoni
Penghematan, FCA dan PSA Ubah Persyaratan Merger yang Melahirkan ‘Stellantis’  

Mobitekno – Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan PSA Group telah merevisi ketentuan merger mereka akibat dampak pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Penggabungan 50:50 akan melahirkan perusahaan baru bernama Stellantis, yang ditetapkan menjadi pembuat mobil terbesar keempat di dunia. Sebagai bagian dari amandemen, dividen khusus yang akan dibagikan oleh FCA kepada pemegang sahamnya sebelum penutupan telah ditetapkan sebesar € 2,9 miliar (US$ 3,44 miliar).

Selain itu, PSA bakal membatalkan rencana spin-off atas 46 persen sahamnya di pemasok suku cadang Faurecia. Saham ini sebagai gantinya akan didistribusikan ke semua pemegang saham Stellantis setelah kesepakatan ditutup dan disetujui oleh Dewan Stellantis dan pemegang saham.

Berkat amandemen tersebut, masing-masing pemegang saham FCA dan PSA akan menerima 23 persen saham yang sama di Faurecia. Selain itu, telah disepakati juga bahwa Dewan FCA dan PSA akan mempertimbangkan potensi distribusi € 500 juta (US$ 594 juta) kepada pemegang saham masing-masing perusahaan sebelum menutup atau, sebagai alternatif, distribusi € 1 miliar (US$ 1,19 miliar) menjadi dibayar mengikuti hampir semua pemegang saham Stallantis.

“Pengumuman hari ini adalah sinyal kuat dari tekad bersama untuk memastikan bahwa Stellantis memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menerapkan aset uniknya, energi kreatifnya, dan banyak peluang untuk menciptakan nilai superior bagi semua pemangku kepentingan kami,” kata chief executive FCA Mike Manley.

Persyaratan ekonomi merger lainnya yang ditandatangani pada 17 Desember 2019, tidak akan berubah. Penggabungan diharapkan berlangsung pada akhir kuartal pertama 2021.

“Dengan tonggak baru yang menentukan ini, kami bergerak bersama menuju tujuan kami dalam kondisi terbaik dengan prospek yang lebih besar untuk Stellantis. Faktor manusia adalah inti dari dinamika proyek semacam itu, bersama dengan dukungan dari pemegang saham kami yang sekali lagi telah menunjukkan komitmen mereka terhadap penciptaan Stellantis,” tambah ketua dewan pengelola PSA, Carlos Tavares.

Tags: , , , ,


COMMENTS