April 10, 2020

Demi Efisiensi Energi dan Ruang, SpaceDC Perkenalkan Kampus Data Center di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Demi Efisiensi Energi dan Ruang, SpaceDC Perkenalkan Kampus Data Center di Indonesia  

Mobitekno – Keberadaan data center di zaman digital seperti saat ini tentu semakin dibutuhkan. Namun begitu, semakin besar kebutuhan penyimpanan data, sebuah data center juga terus berkembang. Oleh sebab itu, dibutuhkan teknologi khusus untuk membuat data center semakin fleksibel tanpa harus menambah ruang terlalu banyak bagi perkembangan data center. Inilah yang dilakukan SpaceDC melalui kampus data center terbarunya di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi thermal view Vertiv.

Dengan teknologi ini, efisiensi terutama pada luas lahan data center bisa dilakukan. Teknologi pendinginan canggih yang ada di kampus data center SpaceDC ini juga menjadi yang pertama di Indonesia.

“Saat cloud dan edge menjadi sangat penting dalam ekosistem data center, semakin jelas bahwa ada evolusi yang terjadi pada industri data center,” ujar John Niemann, Vice President of Global Offerings, Vertif. “Kreativitas dan fungsi diperlukan untuk mmenuhi tuntutan yang sangat beragam ini. Therma wall Vertiv dapat memenuhi persyaratan akan batasan ruang fisik dan efisiensi energi dari SpaceDC. Namun, tetap dengan manajemen termal yang andal untuk keseluruhan gedung,” lanjut Niemann.

Adanya kerjasama SpaceDC bersama Vertiv dan DKSH Indonesia ini, memungkinkan mereka untuk memastikan bahwa teknologi ini terbukti sebagai metode yang paling efektif untuk mendinginkan ruang penyimpanan data lebih efektif. Pendekatan ini menggunakan udara dingin yang dikeluarkan daengan arah horizontal dari sisi dinding ke area penyimpanan data.

“Vertiv dan DKSH dengan bangga mendukung penggunaan thermal wall Vertiv di Indonesia ini, yang dapat memberikan kapasitas pendinginan mumpuni dan tingkat efisiensi energi yang tinggi,” kata Benoit Fissot, managing Director Teknologi Unit Bisnis DKSH Indonesia.

SpaceDC sendiri yang merancang lokasi thermal wall yang akan ditempatkan di luar ruang penyimpanan data. Rancangan SpaceDC ini memungkinkan petugas maintenance tidak perlu lagi keluar masuk ruangan setiap kali melakukan aktivitas pemeliharaan.

“Untuk memastikan bahwa data center kami andal, kuat, dan efisien, kami meluncurkan sejumlah inovasi pada fasilitas Indonesia kami yang pertama. Thermal wall Vertiv ini merupakan inisiatif pertama dari sejumlah inisiatif yang akan kami umumkan saat mendekati penyelesaian pembanginan kampus data center kami,” tutup Darren Hawkins, CEO SpaceDC.

Tags: , , ,


COMMENTS