November 3, 2020

Atasi Kendala Bahasa, Acer Luncurkan Translator Real Time Berbasis AI untuk Platform eSport Planet9

Penulis: Iwan RS
Atasi Kendala Bahasa, Acer Luncurkan Translator Real Time Berbasis AI untuk Platform eSport Planet9  

Mobitekno – Ide Acer di balik SigridWave, sistem penerjemah berbasis AI otomatis untuk Planet9, adalah sebagai solusi untuk mengatasi kendala bahasa di antara para gamer di seluruh dunia sehingga mereka dapat saling berkomunikasi dengan lebih efektif dan nyaman.

Adapun Planet9 adalah platform eSports yang menjadi komunitas terbuka bagi para gamer kasual dan hardcore untuk mendapatkan pengalaman bermain yang komprehensif pada setiap levelnya. Planet9 juga menjadi platform sosial bagi gamer untuk saling berinteraksi, diskusi, dan berbagi keahlian masing-masing. Di platform ini, para gamer pun dapat membuat tim untuk didaftarkan di situs web atau mencari tim untuk dapat  bergabung di dalamnya.

Dengan dukungan penerjemah otomatis berbasis AI pada SigridWave ini, para gamer di seluruh dunia bukan hanya dapat memahami berbagai jargon game, tapi juga membuka akses bagi siapa saja yang menggunakan berbagai bahasa  untuk dapat saling berkomunikasi secara efektif, termasuk gamer yang memiliki keterbatasan dalam mendengar suara melalui platform ini.

Apabila diaktifkan, SigridWave akan mengandalkan teknologi Pengenalan Ucapan Otomatis (Automatic Speech Recognition) untuk mengenal kata per kata dan mengubahnya menjadi teks, untuk kemudian melalui teknologi Neural Machine Translation (NMT), yang sejauh ini telah ‘dilatih’ dengan lebih dari 10 juta pasangan kalimat dwibahasa. Penerjemah ini juga dapat memahami terminologi game, seperti seperti ‘ADS’ atau ‘camping’, serta mempelajari cara pemain dalam mengekspresikan sesuatu.

Translator SigridWave sejauh ini telah dilatih dengan lebih dari 1.000 jam ucapan game-centric (suara + transkrip) yang memungkinkannya untuk menyampaikan pesan yang terdeteksi secara efisien ke dalam bahasa yang dapat dipahami pengguna.

SigridWave yang dirancang untuk platform Esports Acer, Planet9, akan tersedia untuk versi klien desktop dan secara otomatis akan terpasang (dimuat) saat pengguna berada di lobi game. Pengguna juga dapat menyesuaikan overlay dalam game untuk hal tersebut.

Meskipun belum dirilis secara resmi, pengembang akan menggelar sesi beta tertutup pada Q4 2020 ini. Salah satu yang dihadirkan adalah fasiltias penterjemah dari bahasa Inggris ke Mandarin dan sebaliknya. Salah satu game besar yang sudah menyatakan dukungannya adalah game ‘Rainbow Six Siege’.

Nick Hayden, Head of Gaming di Currys PC World, mengatakan, “Kami sangat senang bekerja sama dengan Acer untuk meluncurkan arena di dalam toko kami dengan Planet9. Tim-tim di 30 toko sangat menantikan untuk menyambut pelanggan pada tahun 2021 agar dapat bermain untuk klub toko mereka dan menjadi bagian dari peserta.”

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS