December 10, 2019

Tahun 2040, LANXESS Akan Menjadi Perusahaan yang Ramah Terhadap Iklim

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2040, LANXESS Akan Menjadi Perusahaan yang Ramah Terhadap Iklim  

Mobitekno – LANXESS belum lama ini merencanakan untuk menjalankan strategi perusahaan yang ramah terhadap lingkungan pada tahun 2040. Salah satu yang akan dilakukannya adalah dengan  menghilangkan emisi gas rumah kaca. Di tahun 2030, LANXESS juga bermaksud mengurangi emisinya hingga 50 persen dibandingkan saat ini menjadi sekitar 1,6 juta ton CO2e.

“Berdasarkan Perjanjian Paris, komunitas global memutuskan untuk membatasi pemanasan global hingga kurang dari dua derajat. Hal ini membutuhkan upaya besar-besaran dari setiap pihak yang terlibat. Melalui tujuan kami untuk mencapai netralitas iklim pada tahun 2040, kami memenuhi tanggung jawab kami sebagai perusahaan bahan kimia khusus global. Di saat yang sama, kami akan menjadi mitra yang lebih berkelanjutan bagi pelanggan kami di masa mendatang,” tutur Matthias Zachert, Chairman of the Board of Management di LANXESS AG. Zachert juga menyoroti penghematan biaya jangka panjang terkait dengan penggunaan sumber daya yang lebih efisien, dengan mengatakan bahwa “perlindungan iklim adalah persoalan bisnis”.

Strategi untuk Menurunkan Emisi

Untuk mendukung strategi perusahaan yang ramah lingkungan ini, LANXESS memiliki tiga pendekatan yang bisa dijalankan untuk menuju ramah iklim pada tahun 2040. Tiga pendekatan tersebut adalah:

1. Meluncurkan proyek-proyek yang berdampak besar bagi perlindungan iklim:

Selama beberapa tahun ke depan, LANXESS akan melaksanakan proyek-proyek khusus untuk mengurangi gas rumah kaca secara signifikan. Sebagai contoh, Grup LANXESS saat ini tengah membangun fasilitas untuk dekomposisi nitro oksida di lokasi Antwerp-nya. Fasilitas baru ini akan mulai beroperasi pada tahun 2020 dan mengurangi emisi gas rumah kaca tahunan sekitar 150.000 ton CO2e.

Selain itu, LANXESS juga akan mengalihkan seluruh pasokan energi di lokasi India ke sumber energi terbarukan.

2. Memisahkan emisi dan pertumbuhan:

LANXESS berada di jalur pertumbuhan. Tetapi meskipun ada peningkatan produksi, emisi gas rumah kaca di unit-unit bisnis individual akan menyusut. Selain efisiensi teknologi, perubahan pada instrumen tata kelola memainkan peran, dengan dampak pada jejak karbon perusahaan yang menjadi kriteria investasi untuk pertumbuhan dan akuisisi organik. Hal ini memberikan keuntungan finansial langsung bagi unit-unit bisnis yang mencapai pengurangan yang lebih baik dari rata-rata dalam hal emisi gas rumah kaca. Selain itu, menurunkan kadar CO2e akan diperkenalkan sebagai kriteria penilaian dalam sistem bonus untuk para manajer.

3.Memperkuat proses dan inovasi teknologi:

LANXESS sedang merevisi banyak proses produksinya yang telah ada untuk menjadi netral iklim pada tahun 2040. Sebagai contoh, Grup akan terus meningkatkan struktur Verbund-nya, misalnya terkait pertukaran panas antara tanaman dan pemurnian udara. Prosedur lain pertama-tama harus dikembangkan pada skala industri. Oleh karena itu, Grup LANXESS memfokuskan penelitiannya lebih dekat pada proses netral iklim dan inovasi teknologi.

Butuh Dukungan Politik

LANXESS berkomitmen terhadap Perjanjian Paris, khususnya persyaratan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Zachert percaya bahwa industri dan pemerintah sama-sama berbagi tanggung jawab kolektif akan hal ini.

“Melalui inisiatif lingkungan kami, kami membuat penawaran kepada para pembuat kebijakan. Meskipun demikian, kami dapat mencapai ini hanya jika kebijakan diberlakukan yang menciptakan kondisi yang tepat,” ujar Zachert.

Prosedur persetujuan juga perlu disederhanakan dan dipercepat dan struktur keuangan dan pajak untuk investasi masa depan harus ditingkatkan. “Kami terlibat dalam dialog dengan pembuat kebijakan mengenai hal ini dan dengan senang hati membawa keahlian kami untuk mendukung proses pengambilan keputusan politik,” kata Zachert.

Penurunan Gas Rumah Kaca Sebesar 50%

Sejak didirikan, LANXESS telah membuat kemajuan besar dalam usahanya untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Antara tahun 2004 dan 2018, Grup LANXESS telah mengurangi separuh emisi gas rumah kaca dari sekitar 6,5 juta ton CO2e menjadi sekitar 3,2 juta ton. Kontribusi besar datang, salah satunya, dari pabrik reduksi nitro oksida di Krefeld-Uerdingen, Jerman, yang dibuka pada tahun 2009. Proyek ini telah menerima banyak penghargaan, termasuk dalam kompetisi “365 Landmarks in the Land of Ideas” dan “VCI Responsible Care Award North Rhine-Westphalia”.

Untuk mengukur emisinya, LANXESS memperhitungkan emisi gas rumah kaca yang didefinisikan dalam Protokol Kyoto dan menghitung efek rumah kaca perusahaan dibandingkan dengan karbon dioksida.

Tags:


COMMENTS