March 5, 2018

Awal 2019, Xiaomi Pasang Target Masuk Pasar AS. Akankah Terganjal Seperti Huawei?

Penulis: Iwan RS
Awal 2019, Xiaomi Pasang Target Masuk Pasar AS. Akankah Terganjal Seperti Huawei?  

Mobitekno – Xiaomi sudah lama menyimpan ambisi untuk melakukan penetrasi pasar smartphone di Amerika Serikat (AS). Namun, dengan berbagai alasan, momen kehadirannya di negara Paman Sam tersebut masih belum dapat terwujud.

Namun, hasrat Xiaomi memasuki pasar smartphone AS tampaknya masih terus menyala. Menurut laporan Wall Street Journal, keinginan Xiaomi masuk ke AS rupanya masih tetap menyala. Penegasan ini disampaikan Lei Jun, Chairman dan CEO Xiaomi, yang menyatakan bahwa mereka akan mulai masuk pasar (AS) paling cepat akhir tahun ini atau setidaknya di aal 2019.

Selain menjadi produsen smartphone keempat terbesar di Cina, Xiaomi juga eksis di pasar global, seperti di India, kawasan Asia Tenggara, dan Eropa.

Xiaomi sebenarnya bukanlah mereka yang asing terdengar di kuping konsumen AS. Pasalnya, produk selain smartphone-nya, seperti kamera, speaker, dan power bank, dan gadget lainnya sudah tersedia di pasar AS.

Agar rencana masuk pasar AS ini dapat terwujud, Xiaomi harus dapat menjalin kerjasama dengan salah satu operator besar di AS (US carrier) untuk memasarkan smartphone.

Rencana kerjasama dengan operator lokal di AS tidaklah mudah. Aturan klasik pemerintah AS terkait masalah keamanan nasional sepertinya akan dihadapi Xiaomi. Seperti kita ketahui, alasan yang sama telah mengganjal produsen Tiongkok lainnya, Huawei, saat ingin memasarkan smartphone flaghsip Mate 10 dan mate 10 Pro.

Apakah Xiaomi sudah punya penawaran menarik bagi pemerinah AS sebagai strateginya diizinkan masuk pasar AS? Kita tunggu kepastiannya akhir tahun ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS