April 21, 2017

Habibie Festival 2017 Akan Tampil Lebih Meriah Di Lokasi yang Lebih Luas

Penulis: Desmal Andi
Habibie Festival 2017 Akan Tampil Lebih Meriah Di Lokasi yang Lebih Luas  

MOBITEKNO – Siapa yang tidak kenal B.J. Habibie? Beliau Bapak teknologi Indonesia yang selalu memotivasi Indonesia agar bisa menjadi negara mandiri di bidang ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi. Kepopuleran B.J. Habibie membuat event Habibie Festival yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016 lalu cukup sukses. Lebih dari 56 ribu orang menghadiri Habibie Festival yang pada saat itu diselenggarakan di Museum Nasional Indonesia pada bulan Agustus 2016.

Dengan angka pengunjung yang besar pada tahun lalu, membuktikan bahwa tema IPTEK sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Melihat hasil yang dicapai pada event pertama, dan target pengunjung yang diinginkan pada tahun ini harus lebih dari tahun sebelumnya, berkarya Indonesia, CATEC, dan Habibie Center, melalui Orbit Ventura Indonesia Organizer, akan melaksanakan event ini dalam skala yang lebih besar. Pada tahun ini, Habibie Festival akan diselenggarakan di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Tema yang diangkat pun tetap membawa unsur teknologi, yaitu “Technology and Innovation for People. Lihat, Sentuh, Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru untuk masa depan yang lebih baik”.

Untuk pelaksanaan pada tahun ini, pihak penyelenggara sudah memiliki beberapa objektif penting agar event bisa dilaksanakan dengan sukses. Objektif-objektif penting tersebut adalah.

  1. Mendorong agar ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi dapat dikembangkan untuk kepentingan bersama, agar tercipta kemandirian bangsa dan  kehidupan yang lebih baik, sekarang dan di masa depan.
  2. Habibie Festival adalah festival ilmu pengetahuan dan teknologi terbesar di Indonesia yang ingin menyatukan masyarakat melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk mencapai tujuan bersama seperti tersebut di atas. Kami akan menghubungkan guru, siswa, orang tua, para ilmuwan, innovator, pengusaha kemudian juga perusahaan, organisasi dan pemerintah agar bisa saling bersinergi untuk mencapai tujuan ini.
  3. Habibie Festival akan memberikan pengalaman bermanfaat di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi dengan cara membuat pengunjung dapat melihat, menyentuh dan merasakan teknologi dan inovasi melalui berbagai aktivitas yang disediakan.

Habibie Festival 2017akan menghadirkan acara-acara yang sarat akan teknologi dan inovasi, ada beberapa festival mini yang akan dihadirkan diantaranya adalah  Aviation Festival, VR/AR/MR Festival, Indonesia Funding Festival, Young Makers Festival, IoT & Robotics Festival, Mobile Video & Film Festival, dan STEAM Festival.

Akan ada juga acara-acara sebagai berikut: Next Habibie Awards, Food Innovation Bazaar, Makerthon, Diaspora engagement Forum, dan lain-lain.  Selain teknologi dan inovasi, Habibie Festival 2017 juga akan mengusung tema-tema yang lain yaitu Social Entrepreneurship, Gender Diversity, Remote Areas Empowerment, Youth Inclusivity & Trust , Intellectual Property, ASEAN Day, dan lain-lain.

Pihak penyelenggara juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapapun, baik secara pribadi ataupun organisasi/instansi atau komunitas untuk bergabung bersama Habibie Festival 2017.  Baik sebagai pengisi acara, exhibitor, partner, sponsor, ataupun pengunjung.  Mereka berharap dapat mengumpulkan sebanyak-banyaknya innovator, inovasi, instansi, komunitas, dan lain-lain untuk berpartisipasi dalam Habibie Festival 2017.  Semua usulan yang masuk untuk berpartisipasi akan dikurasi oleh tim Habibie Festival di bawah pengawasan Bapak B.J.  Habibie.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS