January 21, 2017

Satu Dekade Lagi, Truk Bertenaga Listrik akan Capai Jumlah 320 Ribu Unit

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Satu Dekade Lagi, Truk Bertenaga Listrik akan Capai Jumlah 320 Ribu Unit  

MOBITEKNO – Tren mobil bertenaga listrik juga merambah ke segmen truk. Menurut prediksi terbaru dari Navigant Research, jumlah truk listrik (medium dan heavy duty truck) dunia yang semula hanya 31 ribu unit akan melonjak menjadi 332 ribut pada tahun 2026 nanti. Truk listrik disini mencakup truk dengan mesin bertenaga penggerak (powertrain) listrik, hybrid, plug-in hybrid, baterai listrik, hingga truk dengan hydrogen fuel cell.

Prediksi ini dilandasi atas perhitungan ekonomi ke depannya, dimana  truk listrik harga dan ongkos operasionla truk listrik akan lebih rendah dibandingkan truk bertenaga diesel. Hal ini juga didukung oleh menurunnya harga baterai dan dukungan infrastruktur, seperti semakin banyaknya lokasi untuk pengisian baterai.

Faktor pendukung lainnya adalah regulasi batas emisi gas buang kendaraan komersial yang semakin ketat dan insentif bagi kendaraan yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Menurut David Alexander, analis senior Navigant Research, “Kini semakin banyak yang menawarkan mesin penggerak alternatif (non BBM) dan juga mesin penggerak listrik murni untuk aplikasi terntentu (niche)

“Penggunaan harian terbatas dan siklus perjalanan dengan kerap berhenti dan berjalan akan mendapatkan banyak manfaat dengan memakai kendaraan listrik,” tambahnya

Semakin berkembangnya teknologi dan penguasaan produksi di segmen bus bisa menjadi salah satu acuan untuk pembuatan truk listrik. Berkembangnya permintaan akan mobil listrik secara umum juga menajdi salah satu pemicu tingginya investasi di industri baterai yang secara tidak langsung akan membuat harga baterai pun menurun. 

Tantangan terbesar truk listrik seperti juga yang dihdapi mobil listrik umumnya adlah masalah jarak tempuh. Truk bermesin diesel hingga kini masih menjadi pilihan terbaik terkait jarak tempuh ini.

Namun, usaha untuk meningkatan jarak tempuh mobil listrik masih terus dilakuakan. Misalnya saja, Nikola Motors dengan prototipe traktor dengan tenaga baterai dan hydrogen fuel cell untuk menambah jarak tempuh. Tesla Motors juga dikabarkan sedang mempertimbangkan membuat truk listrik di masa mendatang.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS