November 13, 2017

Blibli.com Punya Warehouse Baru di Surabaya, Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Penulis: Eko Lannueardy
Blibli.com Punya Warehouse Baru di Surabaya, Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara  

MOBITEKNO – Blibli.com yang bergerak di bidang e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan selama kurun waktu enam tahun sejak berdiri di tahun 2011 lalu. Untuk tahun ini saja tercatat, Blibli.com mengalami peningkatan bisnis sekitar 3 kali lipat dibanding tahun lalu.

Selaras dengan pertumbuhan usaha Blibli.com, pengadaan ruang untuk pusat distribusi barang seperti Gudang Barang (Warehouse) dan Gudang Transit (HUB) di berbagai titik wilayah di Tanah Air adalah hal yang sangat mutlak. Pengadaan ini bertujuan untuk menghemat jarak tempuh dan waktu pengiriman barang ke pelanggan.

Lisa Widodo, Senior Vice President of Operations & Product Management Blibli.com lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com menegaskan bahwa tantangan pengiriman barang di Indonesia adalah letak geografis dan infrastruktur. Dua hal ini membuat biaya logistik dan pengiriman jadi sangat tinggi.

"Tingginya biaya logistik dan pengiriman yang disebabkan karena letak geografis dan infrastruktur di Indonesia, membuat Blibli.com harus pandai berinovasi. Salah satu inovasi yang kami lakukan yakni membuka satu Warehouse baru di Surabaya dan satu Mother HUB (Pusat Gudang Transit) di Jakarta pada awal November lalu," jelas Lisa.

Ditambahkan oleh Lisa, pembukaan Warehouse dan Mother HUB juga dinilai sebagai langkah yang tepat dan dilaksanakan di waktu yang tepat untuk menghadapi promo akhir tahun dan bisnis di tahun 2018 mendatang. Warehouse yang dibangun menempati lahan seluas 7 hektar dengan luas bangunan sekitar 5 hektar.

Memiliki Warehouse sebesar itu menjadikan salah satu warehouse e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, Warehouse ini juga diharapkan mampu menampung pesanan untuk pelanggan di wilayah Jawa, Indonesia Tengah dan Timur. Sedangkan Mother HUB seluas 2.300 m2 disaat bersamaan juga telah dibuka di wilayah Angke, Jakarta dekat dengan Bandara Soekarno Hatta.

Hingga kini, total Warehouse yang dimiliki oleh Blibli.com sebanyak 7 unit yang tersebar di Medan, Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Sedangkan Gudang Transit ada 14 HUB yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Konsep Warehouse juga dirancang  tidak hanya untuk menampung produk Blibli.com, namun juga terbuka untuk barang-barang consignment dari para merchant.

"Komitmen Blibli.com untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan juga terus kami buktikan dan kami wujudkan. Sehingga, dalam waktu dekat kami sudah merencanakan untuk menambah jumlah Warehouse dan juga HUB kami diseluruh wilayah penting di seluruh Indonesia." tutup Lisa.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS