February 11, 2017

Fingerprint 2.0 di Huawei P9, Tak Hanya Keamanan Tetapi Juga Sajikan Fleksibilitas Tinggi

Penulis: Eko Lannueardy
Fingerprint 2.0 di Huawei P9, Tak Hanya Keamanan Tetapi Juga Sajikan Fleksibilitas Tinggi  

MOBITEKNO – Huawei tak hanya mengemas smartphone premiumnya, Huawei P9 dengan desain yang cantik dan elegan, tetapi juga membenamkan beragam fitur menarik di dalamnya.

Salah satu fitur menarik yang menjadi "amunisi" jualan Huawei untuk menggaet konsumen agar mau membeli P9 adalah dukungan Dual Camera utama yang tersemat utuh di bagian belakang smartphone.

Fitur unggulan lainnya yang turut disematkan oleh Huawei adalah Fingerprint 2.0 yang terpasang utuh di bagian belakang smartphone. Tentu saja, dukungan Fingerprint 2.0 ini lebih ditujukan dalam hal keamanan, terutama untuk membuka layar Huawei P9.

Tak kalah menarik, teknologi pemindai sidik jari generasi kedua yang dirancang oleh FPC Fingerprint Sensor dari Swedia ini mampu menyajikan proses membuka layar melalui sidik jari hanya membutuhkan waktu 0,5 detik.

Huawei juga merancang Fingerprint sedemikian rupa sehingga bisa mempelajari sidik jari penggunanya dengan lebih sempurna dan dapat mencegah identifikasi yang gagal akibat tangan yang basah atau sebab lainnya.

Masih terkait dengan Fingerprint yang disematkan ke dalam P9, Huawei juga menggunakan teknologi Replay Protected Memory Block (RPMB). Ini adalah teknologi yang dapat mengenkripsi dan menyimpan data sidik jari di tempat penyimpanan yang terpisah.

Berkat teknologi Replay Protected Memory Block tersebut, hal ini lebih memastikan bahwa sidik jari yang sudah teridentifikasi di perangkat Huawei P9 tetap aman dan tidak dapat diakses oleh siapa pun walau proses Root dilakukan.

Tak hanya sekadar untuk membuka layar, Fingerprint yang ada di Huawei P9 juga dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan beberapa aktivitas lainnya, seperti untuk memotret dari layar viewfinder, menjawab panggilan telepon dan menghentikan alarm.

Hal menarik lainnya, Fingerprint ini rupanya dikembangkan tak hanya mengenal satu gesture, yakni saat ditekan dan tahan (touch and hold) yang bertujuan untuk membuka layar smartphone atau memotret dari layar viewfinder.

Gesture lainnya juga dapat dibaca oleh Fingerprint ini, seperti menggeser ke bawah (slide down) untuk menampilkan notifikasi di panel dan tekan dua kali (double touch) untuk membersihkan atau menghapus semua notifikasi yang ada di panel.

Selain itu, jika pengguna sedang melihat-lihat foto (browse photos) dalam kondisi full screen, juga bisa menggeser ke kanan atau ke kiri di area Fingerprint untuk menemukan foto yang diinginkan.

Jika diperhatikan, tentu saja dukungan Fingerprint 2.0 yang ada di dalam perangkat Huawei P9 ini benar-benar menyajikan banyak manfaat bagi pengguna. Tak hanya untuk keamanan, tetapi juga rasa lainnya dalam hal fleksibilitas.

(ADV)

Tags: , , , , ,


COMMENTS