October 7, 2017

Telkomsel Bangkitkan Eksistensi Negeri dengan Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Perbatasan

Penulis: Redaksi Mobitekno
Telkomsel Bangkitkan Eksistensi Negeri dengan Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Perbatasan  

MOBITEKNO – Telkomsel semakin membuktikan komitmennya dalam mempersatukan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui sektor telekomunikasi. Bernaung di bawah bendera besar PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. alias Telkom, operator pelat merah ini terus melakukan ekspansi besar-besaran untuk mengakomodasi beragam kebutuhan pengguna era digital.

Hadir dengan dua jenis kartu—prabayar (kartuAs, simPATI, dan LOOP) dan pascabayar (kartuHalo)—Telkomsel memberikan banyak produk ramah kantong untuk setiap kalangan. Kebutuhan ini pun mencakup kebutuhan layanan pesan singkat, suara, dan paket internet Telkomsel.

Namun kesungguhan Telkomsel tidak berhenti hanya pada pengeluaran aneka produk dengan harga yang terjangkau. Sejalan dengan inovasi secara bisnis layanan, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini juga terus melakukan pemerataan jaringan di berbagai penjuru negeri. (Baca Juga: Lonjakan Layanan Data Telkomsel Tembus 6000 TB di-Hari Lebaran)

Jauh Mengungguli Kompetitor 

Hingga hari ini, Telkomsel masih menjadi operator seluler di Indonesia yang memiliki jumlah BTS dan pelanggan paling banyak. Secara kualitatif, Telkomsel mengklaim jumlah pelanggannya sebanyak lebih dari 173 juta. Sementara itu, jumlah BTS yang sudah digelar Telkomsel telah menembus angka 146 ribu yang membentang luas dari Sabang hingga Merauke. Angka-angka ini tentu merupakan angka yang fantastis dan jauh melampaui para operator seluler pesaingnya.

Meski demikian, Telkomsel tidak mau hanya terjebak pada angka-angka ini. Sebagai perusahaan yang mencari profit, Telkomsel tidak lantas hanya terus berjibaku pada keuntungan. Dengan amanat pembangunan bangsa sesuai nawacita presiden yang ada di pundak si merah ini, pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang tidak menguntungkan secara bisnis pun tetap dilakukan.

Sejak 2016 lalu, penyediaan BTS di daerah-daerah yang cukup susah dijangkau telah dilaksanakan. Ratusan menara pemancar dan penerima dibangun di daerah yang belum pernah terjamah. Pembangunan ini pun diharapkan dapat membantu memerdekakan masyarakat Indonesia di pelosok yang selama ini masih terisolasi dari dunia telekomunikasi yang berkembang semakin cepat. (Baca juga: Seluruh Ibu Kota Kabupaten di Sumatera Sudah Menikmati Layanan 4G Telkomsel)

Jangkau Kawasan Perbatasan Negara

""

Sepanjang satu tahun terakhir, Telkomsel telah berhasil mendirikan BTS baru di lebih dari 120 titik di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain. Sebelumnya, kebutuhan seluler sebagian daerah-daerah perbatasan ini masih bergantung dari operator di negara tetangga. Tarif roaming yang dibebankan tentu saja sama sekali tidak berpihak pada kondisi yang sebenarnya.

Jika ditotal, ada 753 BTS Telkomsel yang telah beroperasi dan melayani kebutuhan pengguna di wilayah perbatasan. Ratusan perangkat utama dalam telekomunikasi seluler ini ditempatkan di kawasan perbatasan dengan tujuh negara tetangga: Singapura, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, Australia, dan Vietnam. Adapun perincian kawasan perbatasan ini adalah sebagai berikut.

  • Perbatasan dengan Australia, Sebanyak 66 BTS didirikan di kawasan Pulau Rote dan Maluku.
  • Perbatasan dengan Papua Nugini, Sebanyak 44 BTS didirikan di kawasan Papua bagian timur.
  • Perbatasan dengan Timor Leste, Sebanyak 210 BTS didirikan di kawasan Nusa Tenggara Timur.
  • Perbatasan dengan Filipina, Sebanyak 70 BTS didirikan di kawasan Sulawesi Utara.
  • Perbatasan dengan Vietnam, Sebanyak 70 BTS didirikan di kawasan Anambas dan Natuna.
  • Perbatasan dengan Malaysia, Sebanyak 276 BTS didirikan di kawasan Anambas, Bintan, Dumai, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Karimun, Sumatera bagian utara, Rokan, dan Rokan Utara.
  • Perbatasan dengan Singapura, Sebanyak 17 BTS didirikan di kawasan Batam dan Bintan.

Dari sekian banyak BTS baru, hanya 31% saja daerah yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan sentuhan akses telekomunikasi. Artinya, sebanyak 513 kawasan belum pernah mencicipi kemajuan teknologi yang bergerak terlalu cepat dewasa ini.

Permudah Pembelian Paket Internet dan Promo

Untuk memaksimalkan penggunaan layanan Telkomsel, kini pembelian paket internet Telkomsel juga semakin mudah.  Melalui Traveloka misalnya, pelanggan dapat mengisi ulang paket data di mana saja dan kapan saja. (baca juga Sekarang Beli Pulsa Telkomsel Bisa di 14 E-Commerce Ini).

Paket internet Telkomsel di Traveloka (https://www.traveloka.com/connectivity/paket-internet/telkomsel) pun semakin variatif dan bersahabat. Pilihan paket internet Telkomsel yang disediakan juga disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengguna tentu dapat lebih hemat dalam menentukan kebutuhannya.

Selain itu, beragam promo menarik dihadirkan bagi pelanggan setia. Telkomsel memberikan banyak promo berupa penawaran potongan harga di berbagai mitra Telkomsel, gratis bonus internet maupun telepon, hingga poin yang dapat ditukarkan dengan merchandise menarik.

Di samping mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi, kehadiran BTS milik anak perusahaan negara ini juga memberi nilai positif bagi kedaulatan negara. Dengan adanya BTS, eksistensi Indonesia semakin terlihat di daerah-daerah perbatasan yang rawan menjadi daerah curian oleh bangsa lain.

Tags: ,


COMMENTS