January 4, 2017

Apa yang Membuat Lenovo Miix 720 Lebih Menarik dari Surface Pro 4?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Apa yang Membuat Lenovo Miix 720 Lebih Menarik dari Surface Pro 4?  

MOBITEKNO – Lenovo kembali hadir di ajang CES 2017 Las Vegas untuk memamerkan sejumlah produk terbarunya. Satu di antaranya adalah laptop convertible (2-in1) Miix 720. Seperti pendahulunya, tablet 12 inci ini masih mengadopsi desain keyboard yang bisa dilepas (detachable keyboard) tapi dengan spesifikasi hardware yang lebih segar (baru).

Selain desain yang menyerupai notebook/tablet Surface Pro 4 dan harga yang lebih terjangkau, Lenovo Miix 720 punya beberapa keunggulan lainnya. Dua kelebihan utama adalah dapaur pacu yang lebih cepat dan mekanisme engsel kickstand yang lebih kuat atau kokoh.

Miix 720 menerapkan sistem penyangga (kickstand) ala MS Surface tapi dengan sistem ensel (watchband hinge) yang sudah diterapkan pada notebook convertible Lenovo Yoga Pro atau Yoga 900 series. Watchband hinge ini bisa diatur sudutnya hingga sudut 150 derajat.

""

Selain lebih kecil dan ergonomis, mekanise engsel ala jam tangan ini juga diklaim Lenovo lebih kuat dari engsel umumnya. Berdasarkan pengujian lab internal Lenovo, engsel watchband tersebut bisa dibuka-tutup hingga sebanyak 20 ribu kali.

Miix 720 diperkuat dengan prosesor Intel generasi ke-7 ‘Kaby Lake’ terbaru denga opsi hingga Core i7. Meski belum disebutkan Lenovo secara spesifik; Miix 720 mungkin akan menggunakan prosesor hemat daya ‘Kaby Lake’ Y-series. Ini berdasarkan versi Miix 700 sebelumnya yang diperkuat dengan prosesor Intel Core m7.

""

Seperti juga Surface Pro 4, laptop convertible bersistem Windwos 10 (Home/Pro) ini dijanjikan Lenovo sudah memadai menjadi teman Anda untuk menjalankan berbagai jenis aktivitas atau pekerjaan di berbagai lokasi.

Ini terbukti dari dukungannya terhadap RAM hingga 16 GB dan media penyimpapan super cepat SSD PCIe hingga kapasitas 1 TB. Pilihan spesifikasi teratas ini tentunya membuat harga penawaran Miix 720 akan jauh meningkat. Namun, adanya pilihan spesifikasi beragam tentunya memudahkan konsumen dalam menentukan pilihannya sesuai dengan tuntutan kerjanya setiap hari.

Lenovo juga meng-upgrade layar 12 inci Miix 720 dengan resolusi QHD+ (2880×1920 pixel), yang berarti meningkat dari layar Miix 700 dengan resolusi QHD (1440p atau 2560×1440 pixel).

""

Selain dapur pacu, Lenovo Miix 720 juga sudah terintegrasi dengan fitur biometric security system Windows 10, yaitu Windows Hello. Fitur ini digunakan melalui kamera depan 1 MP dengan dukungan sensor IR. Selain sistem sekuriti (login), belum diketahui fungsi lainnya dari kamera depan ini selain untuk melakukan video conferencing. Untuk kamera depan, Miix 720 sudah dibekali dengan kamera 5 MP.

Klaim daya tahan baterainya juga tidak mengecewakan. Menurut Lenovo, Miix 720 bisa dioperasikan hingga delapan jam yang berarti sudah cukup ideal bagi mayoritas pengguna laptop yang mobile.

Untuk urusan koneksi ke perangkat/device lain, jumlah port Miix 720 pun relatif memadai. Selain port USB 3.0 dan USB 2.0, tersedia pula port high speed terbaru Thunderbolt 3 (transfer speed hingga 40 Gbps). Meskipun Miix 720 hanya menawarkan masing-masing satu port, pengguna mendapat pilihan beragam jenis port untuk berbagai jenis perangkat/gadget.

""

Belum diketahui apakah port Thunderbolt juga disertai (bundel) adapter khusus, misalnya untuk menghubungkan Miix 720 ke perangkat/gadget model baru dengan port USB Type-C.

Lenovo Miix 720 yang ditawarkan dalam dua warna ini (Champagne Gold dan Iron Gray) akan ‘menghampiri’ pasar pada April 2017. Saat dirilis, Miix 720 mungkin akan berhadapan langsung dengan penerus Surface Pro 4, yaitu Surface Pro 5.

Miix 720 akan ditawarkan mulai harga US$ 1.000 (sekitar Rp 13 juta), termasuk keyboard. Lenovo juga menjanjikan konsumen di beberapa negara akan mendapatkan juga Lenovo Active Pen 2 (US$ 60). Berminat? Berharap saja Lenovo Indonesia menjualnya nanti di pasar Indonesia.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS