December 3, 2017

Hati-hati, Kecanduan Smartphone Bisa Sebabkan Ketidakseimbangan Kerja Otak

Penulis: Desmal Andi
Hati-hati, Kecanduan Smartphone Bisa Sebabkan Ketidakseimbangan Kerja Otak  

MOBITEKNO – Menggunakan sebuah barang memang sepertinya harus sewajarnya. Penggunaan secara berlebih biasanya akan menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya sendiri. Hal yang sama juga terjadi pada smartphone. Kecanduan menggunakan samrtphone tentunya bisa menimbulkan efek negatif. Apalagi jika dikaitkan dengan masalah sosial. Mereka yang sering kecanduan smartphone acapkali lupa dengan keadaan sekitarnya.

Dampak negatif dari kecanduan smartphone juga baru-baru ini dikeluarkan oleh sebuah laporan dari hasil penelitian yang dipresentassikan Radiological Society of North America pada sebuah acara pertemuan organisasi tahunan. Studi penelitian menginformasikan bahwa orang yang kecanduan dengan smartphone bisa mengalami ketidakseimbangan dalam kerja otaknya.

Penelitian masalh kecanduan smartphone ini menggunakan magnetic resonance spectroscopy, sebuah alat khusus yang dapat melihat kinerja otak pada pengguna smartphone, terudama saat berinteraksi dengan internet.

DIkutip dari Ubergizmo, penelitian ini melibatkan 19 remaja yang rata-rata berusia 15,9 tahun yang didiagnosis memiliki kecanduan internet pada smartphone miliknya. Ke-19 remaja yang memiliki ketergantungan smartphone ini juga dikomparasi dengan 19 remaja lain dengan usia yang sama, tetapi memiliki gaya hidup lebih sehat terhadap perangkat smartphonenya.

Hasilnya, menurut Dr. Hyung Suk Seo, profesor neuroradiology dari Korea University di Seoul, Korea Selatan, menyatakan bahwa remaja yang kecanduan memiliki nilai yang tinggi terhadap masalah depresi, kegelisahan, dan insomnia. Dibandingkan dengan remaja yang lebih bisa mengontrol penggunaan smartphone, mereka yang kecanduan smartphone juga memiliki rasio gamma aminobutyric acid (GABA) yang jauh lebih tinggi. Hal ini, menurut Dr Seo, dapat menyebabkan hilangnya fungsi integrasi dan pemrosesan di jaringan saraf otak kognitif dan emosional mereka. Jadi, melihat hasil studi ini, sebaiknya bijaklah dalam penggunaan smartphone untuk kesehatan Anda.

Tags: , , ,


COMMENTS