September 27, 2016

Apple Ancar-Ancar Pakai APU AMD Zen untuk MacBook Pro Mendatang

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Apple Ancar-Ancar Pakai APU AMD Zen untuk MacBook Pro Mendatang  

MOBITEKNO – AMD akan merilis serangkaian prosesor APU terbaru dengan arsitektur Zen tahun depan. Selain dinantikan performanya oleh konsumen dan produsen notebook dan PC, salah satu perusahaan teknologi dengan modal belanja besar, Apple, dikabarkan juga sedang menimbang-nimbang plus-minus untuk mengadopsi prosesor  APU Zen. 

Apple selama ini dikenal sebagai mitra loyal Intel karean selalu memilih prosesor dari mitranya Intel. Rumor yang beredar sejauh ini menyebutkan bahwa Apple Macbook Pro (2018) tidak lagi akan diperkuat dengan prosesor Intel dan memilih prosesor AMD Zen sebagai gantinya.

Kabar ini pertama kali dihembuskan sejak Desember tahun lalu oleh media Italia, Bits and Chips. Menurut mereka Apple sedang menimbang-nimbang untuk mengikuti jejak Sony dan Microsoft yang memilih prosesor AMD dengan pertimbangan harga prosesornya yang lebih bersaing daripada prosesor Intel.

Seperti diketahui, baik Sony dan Microsoft memesan prosesor berdesain khusus (custom CPU berbasis x86) dari AMD sebagai dapur pacu untuk konsolnya (PS4 dan Xbox). 

Apabila benar terjadi, chip APU AMD Zen untuk Apple ini akan berwujud SoC khusus (custom) atau APU dan bukan merupakan CPU standar. Dengan demikian, Apple akan dapat mengekstrak sepenuhnya performa graphics core AMD GCN, bandwidth besar memori HBM2, dan efisiensi daya (TDP rendah).

Apabila pilihan Apple jatuh pada APU AMD Zen, berarti Apple tidak bergantung lagi pada solusi GPU discrete untuk Macbook Pro premium dan lower-end Macbook Pro 13 inci.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS