February 24, 2016

Kestabilan Robot Humanoid ATLAS Generasi Terbaru Ditunjukkan Boston Dynamics

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kestabilan Robot Humanoid ATLAS Generasi Terbaru Ditunjukkan Boston Dynamics  

MOBITEKNO – Boston Dynamics baru dikenal dengan robot berkaki empat BigDog atau WildCat, baru saja menunjukkan video (lihat di bawah) terbaru yang menunjukkan bagaimana stabilnya robot humanoid ATLAS generasi terbarunya saat berjalan di berbagai lintasan.

Dari tayangan video bisa diketahui, Boston Dynamics, yang sejak 2013 lalu ada di bawah naungan Google X telah mencapai kemajuan signifikan dalam berbagai aspek penting, seperti mobilitas, motorik, keseimbangan, kcepatan dan kelincahan tangan serta kaki.

Pada video ditunjukkan bagaimana robot ATLAS berjalan, membuka pintu, menjaga keseimbangan saat berjalan di luar ruangan dengan permukaan bersalju dan tidak rata, berjongkok, mengambil dan meletakkan kotak seberat 4,5 kiloan, and beberapa aktivitas lainnya. ATLAS bahkan tidak lagi menggunakan kabel tambahan (tali penghubung) alias sudah wireless.

Namun, kemajuan penting dari robot humanoid ini adalah kemampuannya menjaga keseimbangan. Seorang teknisi Boston Dynamics mendemokan bagaimana robot ATLAS masih tetap melanjutkan instruksinya mengambil kotak meski terus didorong-dorong ke belakang dengan tongkat hoki.

ATLAS kembali maju setiap didorong dan dapat menemukan kotak yang sengaja dipindahkan oleh teknisi tersebut. Hebatnya lagi, ATLAS bahkan dapat kembali berdiri setelah didorong dengan keras hingga terjatuh.

Berdasarkan deskripsi resmi Boston Dynamics, disebutkan “Versi baru ATLAS dirancang untuk dapat digunakan di dalam dan luar ruangan. Robot ini digerakkan oleh tenaga listrik dan digerakkan secara hidraulis (hydraulically actuated).”

“ATLAS menggunakan beberapa sensor di badan dan kakinya pada sistem keseimbangan yang didukung pula oleh LIDAR dan sensor stereo di kepala untuk menghindari halangan, memprediksi medan (permukaan), dan melakukan navigasi. Versi terbaru ini berbobot 180 lbs (81 kg) dan tinggi sekitar 5 kaki 9 inci (sekitar 175 cm) atau lebih pendek dari DRC Atlas

Versi terbaru robot ATLAS ini minimal memberikan harapan akan prospek robot humanid sejak ‘kegagalan’ ATLAS generasi terdahulu saat berkompetisi di ajang 2015 DARPA Robotics Challenge, California, AS.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS