March 8, 2016

Sempat Terganjal Tahun Lalu, Chip Qualcomm Kembali Dominasi Daftar Benchmark AnTuTu v6.0 Terbaru

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sempat Terganjal Tahun Lalu, Chip Qualcomm Kembali Dominasi Daftar Benchmark AnTuTu v6.0 Terbaru  

MOBITEKNO – Seperti tahun-tahun sebelumnya, aplikasi benchmark populer AnTuTu kembali merilis daftar 10 chip/SoC (System on a Chip) terbaik berdasarkan raw performance di awal Maret 2016. Pengertian raw performance di sini merupakan perhitungan skor keseluruhan dari beberapa skor individu dari berbagai aspek smartphone/device.

Adapun skor-skor individunya antara lain skor UX (user experience), RAM (Random access memory), CPU (Central Processing Unit),
GPU (Graphics Processing Unit), dan terakhir skor IO (Input/Output) yang merefleksikan kecepatan media penyimpanan internal perangkat (internal storage).

Dari laporan performa AnTuTu v6.0 tahun ini, terjadi beberapa perubahan posisi di beberapa peringkat, seperti CPU dan GPU. Juara CPU tahun lalu, chip A9 dari Apple tergeser oleh chip andalah terbaru Qualcomm, Snapdragon 820. Selain itu, hadir pula beberapa chip pendatang baru yang masuk dalam daftar peringkat CPU.

Chip dengan performa CPU tertinggi dalam daftar benchmark AnTuTu, yaitu Snapdragon 820, ditemui pada beberapa smartphone flaghsip yang baru beberapa bulan ini diluncurkan, misalnya Samsung Galaxy S7/Edge, Xiaomi Mi 5, LG G5, Xperia X Performance, LeTV MAX Pro, dan Vivo XPlay5.

Chip terbaik tahun lalu, Apple A9, kini ada di posisi runner-up diikuti chip SamsungExynos 8890 (juga digunakan pada varian Galaxy S7/Edge) dengan perbedaan skor yang tidak terpaut jauh.

Hasil skor synthetic benchmark AnTuTu yang tidak terpaut jauh dari ketiga chip ini juga menunjukkan performa real word-nya (saat menjalankan aplikasi sebenarnya) yang relatif sama. Hal ini pula yang menjelaskan alasan Samsung untuk menggunakan dua varian SoC (Snapdragon 820 dan SamsungExynos 8890) pada flagship terbaru Galaxy S7/Edge.

Chip Huawei HiSilicon Kirin 950 menempati posisi keempat dengan skor CPU (92746) yang terpaut cukup signifikan dari ketiga chip teratas. Di bawah Kirin 950, terdapat chip Exynos 7420 yang digunakan serangkaian smartphone flagship Samsung tahun lalu (Galaxy S6/Edge dan Note 5).

Posisi ke-6 dihuni chip Qualcomm yang cukup hangat dibincangkan karena sempat mengalami masalah panas (overheating), yakni Snapdragon 810. Chip yang disematkan pada beberapa smartphone flagship 2015 (OnePlus 2, Nexus 6P, HTC One M9, Sony Xperia Z5) ini hanya sedikit lebih unggul dari chip kelas menengah terbaru Qulacomm, yaitu Snapdragon 652 dan 650.

Sebagai juru kunci dalam daftar 10 chip dengan performa CPU terbaik berdasarkan skor AnTuTU adalah chip hexa-core Snapdragon 808 yang digunakan pada smartphone LG G4, Nexus 5X, Xiaomi Mi 4c, dan Xiaomi 4s.

Posisi sepuluh besar chip dengan performa CPU terbaik ini mungkin tidak akan lama jika smartphone dengan chip deca-core (10 core) MediaTek Helio X20 akan beredar di pasaran

Bagaimana dengan peringat AnTuTU berdasarkan performa GPU? Chip Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530 kembali mendapat kehormatan di posisi teratas (skor di atas 55 ribu) yang terpaut cukup signifikan dari runner-up GPU PowerVR GT7600 pada chip Apple A9 (skor sekitar 39 ribu) dan CPU Mali-T880 MP12 pada chip Exynos 8890 (skor sekitar 37 ribu).

Huawei HiSilicon Kirin 950 yang hanya mengusung GPU Mali-T880 MP4 berada di bawah posisi Snapdragon 805 dengan GPU Adeno 420. Performa GPU Mali-T880 MP4 dari Kirin 950 in hanya sedikit di atas performa dua chip Qualcomm, yaitu Snapdragon 800 (Adreno 418) dan Snapdragon 652 (Adreno 510).

Menurutu AnTuTu, resolusi 2K akan menjadi tren layar smartphone flagship dan resolusi Full-HD menjadi layar standar pada smartphone pada umumnya sepanjang tahun ini.

 

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS