July 5, 2016

Survei: Harga Mobil Baru di US Naik 2 Persen Setiap Tahun

Penulis: Elizabeth Swanti
Survei: Harga Mobil Baru di US Naik 2 Persen Setiap Tahun  

MOBITEKNO – Meski penjualan mobil terus menurun yang diperkirakan akibat melemahnya ekonomi, namun ternyata harga mobil baru di Ameruka Serikat terus meningkat, demikian hasil survei Kelley Blue Book, sebuah perusahaan analisis penilaian kendaraan dan sumber informasi yang dipercaya oleh konsumen dan industri otomotif di USA.

Dalam hasil survei yang dirilis awal Juli ini, Kelley Blue Book menyatakan bahwa perkiraan harga transaksi rata-rata (ATP) untuk kendaraan ringan di Amerika Serikat sebesar US$ 33.652 pada bulan Juni 2016. Harga mobil baru ini ternyata meningkat sebesar US$ 655 (naik 2 persen) dari Juni 2015, dan naik US$ 31 (sekitar 0,1 persen) dari bulan lalu.

"Hal ini tidak mengherankan mengingat produsen truk dan SUV terus menaikkan harga transaksi rata-rata dan masih ada permintaan di segmen ini," kata Tim Fleming, salah satu analis Kelley Blue Book, sebagaimana dikutip melalui siaran pers yang diterima Mobitekno.com.

Secara khusus, harga truk mid-size menonjol sebagai salah satu segmen terkuat dengan harga naik hampir 9 persen dengan harga sekitar US$ 32 ribu pada Juni 2016. Sementara truk ukuran penuh rata-rata bernilai US$ 47 ribu.

Sementara itu, untuk kendaraan domestik, merek yang bertumbuh paling pesat antara lain Chrysler sebesar hampir 4 persen melalui model Fiat dan Dodgenya. Selain Chrysler, merek kendaraan yang juga ‘naik harga’ adalah Ford Motor Company yang naik 4 persen melalui penjualan F-Series dan 6 persen melalui seri Explorer. Selain itu, seri Transit juga naik sebesar 5 persen.

Di segmen kendaraan mewah, merek Lincoln tumbuh menuju titi cerah setelah mendesain ulang model MKX-nya, naik 6 persen menjadi rata-rata US$ 48.009

Tags: , ,


COMMENTS