May 14, 2015

BMW dan Alpinstars Kembangkan Jaket Airbag

Penulis: Desmal Andi
BMW dan Alpinstars Kembangkan Jaket Airbag  

MOBITEKNO – Tampaknya Airbag tidak hanya penting untuk pengemudi roda empat saja. Pengembangan airbag untuk keselamatan di roda dua juga sudah mulai dipikirkan. Belum lama ini BMW Motorrad dan Alpinstars melakukan kerjasama guna mengembangkan fitur airbag yang menyatu dengan jaket.

Jaket yang dikembangkan ini memiliki berbagai sensor di dalamnya sehingga tidak lagi membutuhkan sensor yang harus diintegrasikan ke body motor. Penempatan sensor dan berbagai teknologi di dalamnya tidak akan menyulitkan pengguna. Cukup dengan menutup ritsleting, sistem keamanan dalam jaket langsung bekerja.

Di bagian lengan terdapat display LED yang berisi informasi tentang sistem dan tingkat penggunaan baterai. Pada posisi penuh, baterai sanggup bertahan hingga 25 jam. Pengisiannya pun hanya memakan waktu satu jam untuk mencapai posisi penuh.

Fungsi airbag dikontrol oleh sebuah unit elektronik kecil yang tahan air. Sistemnya menggunakan algoritma khusus untuk mendeteksi bahaya yang ada di sekitarnya. Sistem software dalam unit ini juga diinspirasi oleh sistem Tech Air race airbag yang dikembangkan untuk motor juara dunia Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa.

Namun, versi jalanan ini telah dioptimalkan untuk mengidentifikasi semua situasi bahaya di sekitar, termasuk tabrakan. Tergantung pada jenis kecelakaan, sistem biasanya akan mendeteksi  tabrakan untuk 30-60 milisecond dan mengembangkan airbag dalam 25 milisecond untuk melindungi bagian dada, ginjal, punggung, dan bahu.

Jaket BMW Motorrad yang memiliki teknologi Tech Air dari AlpinStars ini rencananya akan dilepas ke pasar paling lambat akhir tahun 2015. Desainnya dibuat untuk pengguna laki-laki dan wanita.

 

Sumber: GizMag

Tags: ,


COMMENTS