April 4, 2015

Nissan Tambah Fungsi Deteksi Mengantuk Pada Murano dan Maxima

Penulis: Desmal Andi
Nissan Tambah Fungsi Deteksi Mengantuk Pada Murano dan Maxima  

MOBITEKNO – Melalui Nissan Murano dan Nissan Maxima, Nissan memperkenalkan fitur deteksi bagi pengemudi yang tidak focus ke jalan raya akibat mengantuk atau mengalami kelelahan saat berkendara. Fitur ini ditunjukkan pada ajang New York Auto Show pada minggu ini.

Diinformasikan dari Mashable, sistem deteksi ini dipasang di dalam dashboard dan akan mengawasi pengemudi saat melakukan tindakan-tindakan yang tidak biasa saat memegang setir. Sistem akan menyalakan sebuah peringatan dan membunyikan suara saat terjadi tindakan yang tidak biasa pada pengemudi. Sudah menjadi hal yang lazim bahwa mengemudikan kendaraan menimbulkan sebuah kebiasaan yang akan terus menerus berlangsung. Hal inilah yang akan dicatat oleh sistem ini. Jadi, jika dalam beberapa menit saja pengemudi tidak fokus pada kebiasaanya, sistem peringatan akan aktif.

Sensor yang ada juga dapat mengetahui jika tiba-tiba pengemudi mengoreksi keadaan setir saat kendaraan sedikit beralih dari jalur semestinya. Sistem ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi dan menganjurkan untuk berisitirahat sejenak atau menghentikan kendaraan.  Sistem deteksi pengemudi ini akan diterapkan pada produk Nissan Murano di tahun 2015 dan Nissan Maxima di tahun 2016.

Langkah Nissan menerapkan teknologi ini guna menambah keselamatan berkendara, terutama untuk berbagai tipe kendaraan-kendaraan masa depan. Beberapa kendaraan jenis premium, seperti Mercedez-Benz juga sudah menerapkan sistem yang sejenis ini. Namun, di Nissan lah, teknologi ini bisa hadir di kendaraan jenis sedan menengah. Teknologi yang mirip dengan deteksi pengemudi Nissan ini juga hadir pada Chevrolet Malibu. Namun, di Chevrolet, sistemnya lebih diperuntukkan untuk pengemudi yang masih berusia ramaja. Sistem akan merekam semua kebiasaan pengemudi remaja tersebut. Tujuannya, para orangtua bisa mengetahui secara detail apa saja yang dilakukan anak-anaknya saat berkendara.

Tags: , ,


COMMENTS