September 30, 2024

ALVA dan Google Cloud Bermitra untuk Dorong Inovasi AI dan Adopsi Mobilitas Listrik di Indonesia

Penulis: Iwan RS
ALVA dan Google Cloud Bermitra untuk Dorong Inovasi AI dan Adopsi Mobilitas Listrik di Indonesia 

Mobitekno – ALVA, produsen kendaraan listrik (EV) lokal, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Google Cloud untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, loyalitas, dan permintaan kendaraan roda dua listriknya.

Kolaborasi dengan Google Cloud memberikan ALVA akses ke infrastruktur yang kuat, alat analisis data yang canggih, dan ekosistem yang luas. Dengan memanfaatkan infrastruktur Google Cloud yang dioptimalkan untuk AI, cloud data, dan teknologi AI (Artificial intelligence), ALVA berharap dapat mendorong inovasi dalam empat area utama.

Keempat inovasi ini antara lain memajukan upaya R&D yang terarah, memberdayakan tim layanan pelanggan dengan wawasan pelanggan yang dipersonalisasi, meningkatkan produktivitas staf penjualan, dan meningkatkan upaya pemasaran melalui pembuatan konten yang relevan secara lokal.

ALVA dan Google Cloud 02

Kemudahan penggunaan solusi data dari Google Cloud memungkinkan tim Business Intelligence ALVA mengurangi waktu yang dihabiskan dalam mengembangkan kode plumbing untuk mengakses data, dari 80 persen menjadi sekitar 25 persen.

ALVA juga mengintegrasikan platform datanya dengan model AI pada platform AI perusahaan Google Cloud, Vertex AI, untuk menganalisis dan mengekstraksi insights berharga guna meningkatkan pengalaman yang menyeluruh bagi pelanggan mereka. Hal ini termasuk kemampuan untuk mengekstraksi data dan insights dari data di seluruh perusahaan, terlepas dari format atau di mana data tersebut berada dalam organisasi, untuk menjawab pertanyaan tentang bisnis.

Platform data terpadu untuk mendapatkan wawasan Bertenaga AI

Untuk membangun pendekatan berbasis data terhadap pengalaman pelanggan, ALVA telah mengadopsi BigQuery Google Cloud untuk mengkonsolidasikan data terstruktur dan tidak terstruktur dari berbagai sumber, termasuk sistem ERP, platform CRM, dan sensor IoT kendaraan.

Platform data terintegrasi ini, ditambah dengan pendekatan data terbuka Google Cloud, memungkinkan ALVA untuk terhubung dengan mitra eksternal dan mendapatkan pandangan holistik atas datanya. Dengan mengintegrasikan platform datanya dengan Vertex AI milik Google Cloud, ALVA dapat memperoleh wawasan berharga untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Google Vertex AI

Misalnya, ALVA menemukan bahwa meskipun pelanggan sering kali menyampaikan kekhawatiran tentang jarak tempuh maksimum kendaraan listrik mereka, jarak tempuh harian aktual mereka jauh lebih rendah. Wawasan ini mendorong ALVA untuk fokus pada peningkatan ketersediaan stasiun pengisian daya di sepanjang rute populer, guna memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih mendesak.

Dorong inovasi melalui R&D berbasis data dan kustomisasi pelanggan

Kemitraan ini memungkinkan ALVA untuk membuat keputusan berbasis data dalam upaya R&D-nya. Dengan menganalisis data perilaku pelanggan, ALVA mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan fitur kendaraan dan meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan. Misalnya, mengintegrasikan Google Maps langsung ke dasbor kendaraan dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara.

ALVA juga mengeksplorasi penggunaan sistem dukungan bertenaga AI untuk memberikan wawasan kontekstual tentang pengendara kepada agen layanan pelanggan, sehingga memungkinkan interaksi yang lebih bermakna.

Dengan menganalisis data dari sensor IoT dan sumber lain, AI dapat menghasilkan ringkasan otomatis tentang pengendara, sehingga memungkinkan agen untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan lebih efisien dan efektif.

Optimalkan pemasaran dan penjualan

Kemampuan AI Google Cloud untuk mengoptimalkan upaya pemasaran dan penjualannya juga dimanfaatkan ALVA. Dengan menganalisis data interaksi pelanggan di Google Cloud, ALVA dapat mengidentifikasi pesan pemasaran yang paling efektif untuk setiap wilayah.

Selain itu, kemampuan enterprise-ready gen AI seperti Vertex AI Search and Conversation memungkinkan tim pemasaran untuk menghasilkan konten yang lebih relevan dan cepat, sehingga meningkatkan efektivitas kampanye dan produktivitas tim penjualan.

Google Cloud BigQuery

Purbaja Pantja, Chief Executive Officer ALVA, menyatakan bahwa elektrifikasi telah mengubah lanskap sektor mobilitas secara drastis. Peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik (EV) membawa angin segar bagi industri otomotif dan sektor transportasi secara keseluruhan.

“Kami bermaksud menjadikan satu dari tiga kendaraan roda dua listrik di Indonesia sebagai kendaraan ALVA dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Teknologi cloud data dan AI Google Cloud berperan penting dalam membantu kami memperoleh wawasan berbasis data yang akan memandu R&D dan pengalaman pelanggan kami, yang pada akhirnya mempercepat adopsi kendaraan listrik,” tambah Pantja.

Fanly Tanto, Country Director, Google Cloud Indonesia, mengatakan bahwa industri otomotif tengah menuju pengurangan emisi karbon dan kami sangat antusias dapat mendukung para pemimpin mobilitas hijau seperti ALVA seiring mereka terus mendorong batasan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

“Kolaborasi kami dengan ALVA menggambarkan bagaimana analisis data dan AI terdepan dapat membantu bisnis tetap unggul dalam menghadapi gangguan. Kami bangga dapat berkontribusi mempercepat transisi Indonesia menuju kendaraan listrik yang sejalan dengan tujuan nasional untuk mengurangi emisi,” pungkas Tanto.

Tags: , , , ,


COMMENTS