September 19, 2024

Bawa Keunggulan Masing-Masing, F5 Bekerja Sama dengan Intel untuk Sederhanakan Keamanan dan Penyediaan Layanan AI

Penulis: Iwan RS
Bawa Keunggulan Masing-Masing, F5 Bekerja Sama dengan Intel untuk Sederhanakan Keamanan dan Penyediaan Layanan AI 

Mobitekno – F5, perusahaan di bidang jaringan aplikasi dan keamanan dan Intel baru saja mengumumkan kerja samanya untuk menggabungkan kemampuan keamanan dan manajemen lalu lintas pada solusi F5 NGINX Plus dengan perangkat open source Intel OpenVINO untuk mengoptimalkan inferensi AI dan akselerator perangkat keras Intel IPU (Infrastructure Processing Unit).

Sebagai informasi, IPU berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja data center dan infrastruktur cloud. Akselerator khusus ini dirancang untuk mengambil alih tugas-tugas infrastruktur dari CPU utama dalam lingkungan data center.

F5 01

Dengan menggunakan IPU, efisiensi data center dapat ditingkatkan sekaligus mengurangi latensi dalam operasi jaringan dan infrastruktur. IPU juga membantu meningkatkan keamanan dengan menyediakan isolasi yang lebih baik antara infrastruktur dan beban kerja aplikasi.

Gabungkan keunggulan dari inovasi F5 dan Intel

Solusi gabungan baru ini menggabungkan keamanan dan manajemen trafik terdepan di industri dari NGINX Plus yang ditawarkan oleh F5 dengan optimalisasi dan kinerja mutakhir dari Intel Distribution of OpenVINO toolkit dan IPU untuk menghadirkan perlindungan, skalabilitas, dan kinerja yang unggul untuk inferensi AI tingkat lanjut.

Semakin banyaknya organisasi yang mengadopsi AI untuk mendukung aplikasi dan alur kerja cerdas, inferensi AI yang efisien dan aman dianggap sangat penting. Kebutuhan ini dipenuhi dengan menggabungkan toolkit OpenVINO yang mengoptimalkan dan mempercepat inferensi model AI dengan F5 NGINX Plus, yang menyediakan manajemen lalu lintas dan keamanan yang tangguh.

Toolkit OpenVINO menyederhanakan optimisasi model dari hampir semua kerangka kerja untuk memungkinkan pendekatan write-once dan deploy-anywhere (diterapkan di mana saja). Toolkit ini penting bagi para pengembang yang ingin menciptakan solusi AI yang dapat diskalakan dan efisien dengan perubahan kode yang minimal.

NGINX Plus product page

F5 NGINX Plus meningkatkan keamanan dan keandalan model-model AI ini. Bertindak sebagai reverse proxy, NGINX Plus akan mengelola trafik aplikasi, memastikan high availability, dan menyediakan active health checks. NGINX Plus juga memfasilitasi SSL termination dan enkripsi mTLS, menjaga komunikasi antara aplikasi dan model AI tanpa harus mengorbankan kinerja.

Untuk meningkatkan performa lebih lanjut, Intel IPU melakukan offload layanan infrastruktur dari CPU host, membebaskan sumberdaya yang dibutuhkan untuk server model AI. Intel IPU secara efisien mengelola tugas-tugas infrastruktur, menambahkan ketersediaan sumber daya dalam meningkatkan skalabilitas dan kinerja Server Model NGINX Plus dan OpenVINO ™ (OVMS).

Penting untuk aplikasi Edge yang membutuhkan kinerja tinggi dan latensi rendah

Solusi terintegrasi ini sangat bermanfaat untuk aplikasi-aplikasi canggih, seperti analisis video dan IoT, di mana latensi rendah dan kinerja tinggi sangat penting. Dengan menjalankan NGINX Plus pada Intel IPU, solusi ini membantu memastikan respons yang cepat dan andal, sehingga ideal untuk jaringan pengiriman konten dan penyebaran layanan mikro terdistribusi.

Kunal Anand, Chief Technology Officer di F5 mentakan bahwa kerja sama dengan Intel memungkinkan F5 untuk mendorong batas-batas penerapan AI. Kolaborasi ini menyoroti komitmen F5 untuk mendorong inovasi dan memberikan solusi inferensi AI yang aman, andal, dan dapat dikembangkan dalam skala besar yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan AI dengan aman dan cepat.

NGINX F5

“Solusi gabungan ini memastikan bahwa perusahaan-perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan AI dengan kinerja dan keamanan yang unggul,” pungkasnya.

Memanfaatkan akselerasi infrastruktur mutakhir dari Intel IPU dan toolkit OpenVINO bersama F5 NGINX Plus dapat membantu perusahaan mewujudkan solusi inferensi AI yang inovatif dengan kesederhanaan, keamanan, dan kinerja yang ditingkatkan dalam skala besar untuk berbagai pasar dan beban kerja (workload) vertikal,” ujar Pere Monclus, Chief Technology Officer, Network and Edge Group, Intel.

F5 membutuhkan kolaborasi

Langkah F5 untuk melakukan kolaborasi dengan suatu perusahaan untuk menyederhanakan keamanan dan penyediaan layanan AI dilatar belakangi beberapa alasan. Pertama, dengan meningkatnya adopsi AI di berbagai industri, keamanan menjadi semakin krusial. F5, dengan keahliannya dalam keamanan aplikasi dan jaringan, dapat membantu perusahaan mengamankan solusi AI mereka dari ancaman siber yang terus berkembang.

Selain itu, F5 bertujuan untuk menyederhanakan proses penyediaan dan pengelolaan layanan AI, yang sering kali rumit dan menantang bagi banyak organisasi. Dengan pengalaman teknisnya, F5 dapat membantu mengoptimalkan kinerja aplikasi AI, memastikan skalabilitas, dan menjaga ketersediaan tinggi.

Kolaborasi ini juga memungkinkan F5 untuk memenuhi permintaan pasar yang berkembang pesat akan solusi yang dapat mengintegrasikan AI secara aman ke dalam infrastruktur yang ada.

Dengan menggabungkan keahlian F5 dalam jaringan dan keamanan dengan kemampuan AI perusahaan lain, mereka dapat berinovasi bersama untuk mengembangkan solusi yang lebih komprehensif dan efektif. Pendekatan kolaboratif ini tidak hanya menguntungkan F5 dan mitra-mitranya, tetapi juga pelanggan mereka yang mendapatkan akses ke solusi AI yang lebih aman, efisien, dan mudah dikelola.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS