November 21, 2023

Tokopedia Hadirkan Fitur Hemat Belanja Online: Multiple Product Search dan Buy More Save More

Penulis: Rizki R
Tokopedia Hadirkan Fitur Hemat Belanja Online: Multiple Product Search dan Buy More Save More 

Mobitekno – Belanja online terus menjadi pilihan utama masyarakat, terbukti dengan peningkatan jumlah pengguna e-commerce di Indonesia sebesar 12,79% pada tahun 2022, mencapai 178,94 juta pengguna dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta.

Tokopedia, salah satu platform e-commerce terkemuka, mengambil inisiatif untuk terus mengakomodasi kebutuhan tinggi ini dengan meluncurkan dua fitur baru yang inovatif: ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’ dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.

Helena, Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, menegaskan bahwa data internal mereka mencerminkan tingginya animo belanja online masyarakat Indonesia.

“Peningkatan transaksi tercatat di berbagai kategori produk, seperti Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga, dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries,” ungkap Helena.

Multiple Product Search

Fitur ‘Multiple Product Search’ (Cari Sekaligus)

Multiple Product Search dirancang untuk membuat proses belanja online lebih hemat waktu dan ongkir. Pengguna dapat mencari lebih dari satu produk secara bersamaan dan mendapatkan rekomendasi toko yang menjual semua produk tersebut dalam satu transaksi.

Hefrian Syah, Product Manager Senior Lead Tokopedia, menjelaskan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna menghemat waktu karena tidak perlu mencari produk secara manual dan ongkir dari satu toko saja.

“Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” tambah Hefrian. Tokopedia mengklaim sebagai pionir lahirnya Multiple Product Search di industri e-commerce secara global.

IMG 20231121 205058

Fitur ini terlahir dari adanya kebutuhan pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus. Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan.

Cara menggunakan fitur Multiple Product Search pun sangat mudah. Pengguna cukup klik kolom pencarian pada aplikasi Tokopedia, ketik produk yang dicari, dan tambahkan hingga dua produk lainnya.

“Dengan fitur ini, pengguna dapat menemukan semua produk yang dibutuhkan dari satu toko, menghasilkan pengalaman belanja yang lebih efisien dan hemat,” ungkap Rian sapaan karib Hefrian Syah.

Leona Agustine, seorang content creator dan pengguna Tokopedia berstatus ‘Diamond’, menyatakan bahwa fitur Multiple Product Search membuatnya lebih mudah mencari berbagai produk tanpa harus melalui beberapa toko. Ia juga merasa lebih hemat waktu dan ongkir karena semua kebutuhan dapat dipenuhi dari satu toko.

IMG 20231121 205033

Fitur ‘Buy More Save More’ (Beli Banyak Lebih Hemat)

Hampir sama seperti fitur Multiple Product Search, lahirnya Buy More Save More didorong adanya kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk. Tim Engineering, tim Product dan Research and Development Tokopedia, secara bersama-sama membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli.

Fitur ini bertujuan untuk membuat belanja online lebih terjangkau. Pengguna dapat membeli lebih banyak produk dan mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual.

Foto 3

Helena menjelaskan bahwa fitur ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Cara menggunakan fitur ini juga sederhana. Pengguna cukup masuk ke halaman toko penjual yang menyelenggarakan promosi ‘Buy More Save More’, pilih produk yang diinginkan, dan semakin banyak produk yang dipilih, semakin besar diskon yang diperoleh.

Leona telah merasakan manfaatnya, khususnya dalam membuat belanja kebutuhan sehari-hari lebih terjangkau. Dengan fitur ‘Buy More Save More’, ia dapat memilih produk dengan mudah dan meraih diskon yang signifikan.

Dengan peluncuran fitur Multiple Product Search dan Buy More Save More, Tokopedia terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik dan efisien bagi masyarakat Indonesia. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Tokopedia melalui Google Play Store dan Apple Store untuk merasakan langsung manfaat dari fitur-fitur inovatif ini.

WAR Diskon Tokopedia: Belanja Online Lebih Murah

Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah. Melalui kampanye ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.

IMG 20231121 204950

“WAR Diskon Tokopedia disambut sangat baik oleh masyarakat. Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” ungkap Helena. 

Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.

“Tokopedia di sisi lain akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan kampanye agar masyarakat bisa belanja online lebih terjangkau (affordable) demi mendukung animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya secara online,” tutup Helena.

Tags: , , ,


COMMENTS