July 23, 2020

Upgrade Pelayanan, Lintasarta Bangun Power House HUB VSAT dan NOC di Jatiluhur

Penulis: Rizki R
Upgrade Pelayanan, Lintasarta Bangun Power House HUB VSAT dan NOC di Jatiluhur  

Mobitekno – Guna menyajikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setianya, baru-baru ini Lintasarta mengumumkan update informasi terkait peningkatan fasilitas infrastruktur miliknya, yakni pembangunan Power House HUB VSAT (Very Small Aperture Terminal) serta memperluas Network Operation Control (NOC) di Jatiluhur.

HUB merupakan sistem utama jaringan VSAT dan merupakan jantung dari sistem komunikasi satelit. Untuk memberikan layanan yang terbaik itulah, maka keandalan sistem HUB harus berstandar tinggi dengan melakukan improvement terhadap sistem power dan sistem HUB VSAT.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh Direktur IT Services Lintasarta, Ginandjar bahwa peningkatan layanan ini menjadi penting sebagai langkah dalam meningkatkan performa yang baik kepada para pelanggan Lintasarta.

“Kami melihat bahwa performa jaringan yang menggunakan VSAT meningkat signifikan yang ditandai dengan turunnya fault rate dan meningkatnya SLA (Services Level Agreement), hal ini juga dikonfirmasi oleh pelanggan-pelanggan kami yang merasakan improvement dalam hal kestabilan jaringan,” ungkapnya dalam kesempatan media briefing hari ini, Kamis (23/7).

SAVE 20200723 181837

Secara terperinci dijelaskan pula apa impact yang dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Menurutnya, power system ini mendukung keseluruhan sistem HUB dan Ground Segment Lintasarta di Jatiluhur yang saat ini melayani lebih dari 15.000 jaringan pelanggan di seluruh Indonesia dengan total 17 sistem HUB dan 14 antena yang mengarah ke 10 satelit yang berbeda.

“Sistem yang dibangun ini mengadopsi konsep dan setara dengan tier III data center dari Uptime Institute, sehingga gangguan maupun pemeliharaan terhadap salah satu sistem tidak akan menyebabkan gangguan pada jaringan pelanggan,” urai Ginandjar.

Ginandjar menambahkan, terkait NOC di Jatiluhur yang diresmikan bersamaan pada hari ini, memiliki kapasitas lebih besar yang digunakan untuk memonitor 24×7 jaringan pelanggan dan sistem HUB dengan jumlah sistem yang memonitor lebih banyak.

“Dengan adanya peningkatan pada sistem NOC kami di Jatiluhur dan pembaruan sistem, kami dapat melayani pasang baru dan merespons keluhan pelanggan dengan lebih cepat,” ujarnya.

SAVE 20200723 181856

Hadir dalam acara yang sama, Direktur Datacom Lintasarta Zulfi Hadi berharap dengan upgrading dan peremajaan sistem catu daya HUB maka akan memberikan dan menghasilkan keandalah HUB 99,99% untuk menjaga kelancaran pelanggan menjalankan bisnisnya.

“Setelah ini kami akan melakukan upgrading sistem HUB Banyu Urip yang merupakan geo redundancy dari Hub Jatililuhur. Sehingga dengan desain geo redundancy yang handal maka akan memberikan SLA yang tinggi bagi pelanggan LA dalam mendukung dan menjalankan bisnisnya,” jelasnya.

Tags: , , ,


COMMENTS