July 7, 2020

Inovator Lokal Kumpul di Tinc Batch Kelima, Fokus Pada Solusi Berbasis Digital

Penulis: Rizki R
Inovator Lokal Kumpul di Tinc Batch Kelima, Fokus Pada Solusi Berbasis Digital  

Mobitekno – Menargetkan fokus pada pengembangan inovasi di bidang Internet of Things (IoT), ML & AI, teknologi periklanan, financial technology (fintech), dan solusi berbasis digital lainnya, Telkomsel Innovation Center (Tinc) kembali digelar. Program yang telah masuk pada Batch 5 ini memainkan peran sebagai penunjang penguatan ekosistem digital dalam setiap fase kehidupan masyarakat.

Vice President Corporate Strategy Telkomsel Andi Kristanto menjelaskan bahwa derajat kesiapan pelaku usaha (startup) beda-beda, Tinc membuka diri terhadap semua level dengan memberikan fasilitas yang tepat di setiap fase-nya.

“Sebagai program corporate accelerator dari Telkomsel, Tinc konsisten menjadi sarana inkubasi yang mampu mendampingi para inovator lokal untuk menghasilkan dan mengembangkan solusi digital terhadap berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat,” jelas Andi di hadapan awak media lewat sambungan Zoom, Selasa (7/7)

Sejak awal digulirkan, Tinc secara khusus dihadirkan Telkomsel bersama dengan pilar inovasi digital lainnya, yaitu The NextDev dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Ketiga pilar inovasi digital ini ditujukan sebagai platform yang dapat menjadi penyokong ekosistem digital Indonesia.

Tinc 2

Cara mendaftar program Tinc

Meski ketiganya memiliki kesamaan misi dalam membangun ekosistem bagi para pegiat startup, Andi menjelaskan, baik The NextDev, Tinc maupun TMI memiliki fokus yang berbeda dalam memberikan kontribusi pada berbagai tahap perkembangan startup.

“The NextDev berfokus sebagai talent scouting dan social impact, Tinc sebagai wadah untuk berakselerasi dan berkomersialisasi bersama Telkomsel, dan TMI berfokus pada strategic investment,” Andi memaparkan.

Ia melanjutkan, “Buat kami, yang paling menantang adalah perbedaan fase startup-startup itu. Untuk meminimalisir kegagalan, temukan masalah, lakukan analisis, kemudian develop bisnis model. Pada akhirnya, apakah solusinya menjawab. Kalau enggak ada yang mau bayar, segera ditinjau ulang konsepnya. Kami harus memberikan pembekalan di fase yang tepat,”

Tinc sendiri telah berlangsung sejak 2018. Sepanjang penyelenggaraannya, Tinc konsisten untuk menampung berbagai solusi digital dari para inovator dan telah menyeleksi 19 solusi yang berhasil memasuki tahap proses inkubasi.

Tidak sebatas itu, Tinc pun memberi kesempatan bagi para inovator Tanah Air yang memiliki potensi untuk bisa menjalin kolaborasi secara komersial bersama Telkomsel.

Tinc 3

Perbedaan Tinc dengan entitas lain

Dengan kolaborasi tersebut, Telkomsel turut membuka akses masuk ke pasar pelanggan dan mitra retail Telkomsel, menghubungkan dengan investor, memberikan dukungan pendanaan, hingga melakukan pendampingan ke proses komersialisasi produk.

Untuk tahap pendaftaran, program Tinc Batch 5 secara resmi telah dibuka sejak 15 Juni 2020. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, kali ini Telkomsel berinovasi dengan menghadirkan Tinc Unique Values yang memberikan tiga manfaat lebih bagi peserta, yaitu Market Access, Go To Market and Sales Channels, serta Innovation Lab (Testing Lab IoT dan 5G, Sandboxing Platform, serta Development Kit).

Tinc Unique Values akan memperkuat proses pengembangan inovasi di dalam Tinc yang terdiri dari dua tahap, yaitu inkubasi (prototyping, proof of concept) dan akselerasi (piloting, commercial), dengan pelaksanaan yang berlangsung selama 3 sampai 12 bulan.

Tags: , , , ,


COMMENTS