April 23, 2019

‘Tokopedia ByMe’ Ajak Siapa Saja Jadi Influencer untuk Produk Favoritnya

Penulis: Iwan RS
‘Tokopedia ByMe’ Ajak Siapa Saja Jadi Influencer untuk Produk Favoritnya  

Mobitekno – Startup e-commerce berstatus unicorn, Tokopedia, meluncurkan fitur baru yang memungkinkan siapa saja, termasuk para artis dan influencer kenamaan, untuk merekomendasikan produk favorit mereka sekaligus mendapatkan profit darinya.

Fitur yang disebut “Tokopedia ByMe”, dapat ‘membuka jalan’ bagi semua pengguna Tokopedia untuk menjadi “influencer” jika rekomendasi produknya sukses dibeli oleh pengguna Tokopedia lainnya.

Penjual dapat menetapkan komisi untuk produk/barang yang akan dipromosikan orang lain. Komisi akan diberikan/dibayar jika Ia berhasil mengajak orang membeli produk tersebut.

Untuk memperkenalkan fitur yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia ini, Tokopedia juga didukung 13 selebritas sebagai influencer awal “Tokopedia ByMe”. Diantaranya, Boy William, Cinta Laura, Arief Muhammad, dan banyak lainnya.

Fitur social e-commerce ini sudah diterapkan di Cina, seperti pada e-commerce Pinduoduo dan Yunji. Strategi ini tampaknya cukup efektif mendukung Pinduoduo menjadi salah satu aplikasi e-commerce paling populer di Cina.

“Tokopedia ByMe memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang yang direkomendasikan dari panutan mereka, baik tokoh masyarakat dan orang terdekat mereka seperti teman dan kerabat,” kata Cynthia Limin, Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia, dalam rilis resminya.

“Jadi, siapapun bisa #MulaiAjaDulu! untuk memulai kurasi dan meraih pendapatan secara online tanpa modal sebagai influencer Tokopedia ByMe,” tambah Cynthia.

Fitur itu dibuat berdasarkan pengamatan bahwa rekomendasi dari lingkungan atau orang terdekat sangat berpengaruh bagi seseorang untuk memutuskan pembelian suatu produk.

Tags: , , , ,


COMMENTS