October 18, 2019

Bakal Adopsi Layar Quad-Curve. Selain Desain, Ini Alasan Oppo Lainnya

Penulis: Iwan RS
Bakal Adopsi Layar Quad-Curve. Selain Desain, Ini Alasan Oppo Lainnya  

Mobitekno – Produsen Oppo, tergolong ‘royal’ dalam menghadirkan teknologi inovatif pada lini smarthone-nya. Sebut saja, inovasi kamera dengan lensa ‘zoom periskop 10x’ pada Oppo Reno 10x Zoom atau inovasi pengisian baterai super cepat (fast-charging) SuperVOOC 2.0 yang hanya butuh waktu 30 menit.

Inovasi selanjutnya dari Oppo mungkin akan terlihat pada layar smartphone. Indikasinya terlihat saat ini produsen asal Cina tersebut diketahui tengah mengajukan paten untuk layar yang disebut Quad-Curve. Dari namanya dapat diduga jika keunikan layar ponselnya terletak pada adanya lengkungan pada keempat sisinya.

Layar lengkung (curved display) sebenarnya sudah pernah dihadirkan Samsung pada samrtphone flaghsip Galaxy. Bahkan ‘saudara’ Oppo, yaitu Vivo pun juga sudah menyiapakan smartphone layar lengkung NEX 3 series (Waterfall FullView display) meski hanya pada kedua sisi kiri dan kanan layar. Selain Samsung dan Vivo, produsen Huawei pun mulai mengadopsi layara lengkung di sis kiri dan kanan pada smartphone flagship terbaru Mate 30 Pro.

Adapun paten layar Quad-Curve dari Oppo bukan hanya menawarkan layar lengkung di sisi kanan dan kiri tapi juga di sisi atas dan bawah layarnya. Terlepas dari seperti apa nantinya manfaat nyata fitur ini bagi konsumen, Oppo tampaknya ingin agar inovasinya tidak buru-buru dijiplak pesaingnya.

Menurut Letsgodigital.org, Oppo menempatkan beberapa sensor di dalam layar, seperti sensor untuk mengubah kecerahan (mematikan) layar, sensor cahaya, hingga kamera selfie. Tren menyembunyikan sensor di (bawah) layar ini mengikuti sensor sidik jari yang sudah diimplementasikan pada beberapa samrtphone saat ini.

Lebih jauh mengenai paten untuk teknologi layar lengkung Quad-Curve ini belum banyak diungkap oleh Oppo. Bocoran informasinya hanya berupa gambar mockup rendering dari Letsgodigital.org. Apakah paten layar Quad-Curve berdesain 3D waterfall display dari OPPO ini akan segera hadir pada salah satu seri Find atau Reno? Kita tunggu saja.

Tags: , , , , ,


COMMENTS