August 14, 2019

Disimak! 5 Hal Ini Meminimalisir Kesalahan Saat Baru Pertama Naik Pesawat

Penulis: Rizki Romdoni
Disimak! 5 Hal Ini Meminimalisir Kesalahan Saat Baru Pertama Naik Pesawat  

Mobitekno – Pesawat terbang bisa dikatakan sebagai moda transportasi yang sangat ideal dan praktis untuk menjangkau tujuan antarkota maupun antarnegara. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah melakukan perjalanan dengan pesawat, dan masih bingung dengan berbagai peraturan yang ada, tidak perlu khawatir. Setidaknya 5 hal ini bisa meminimalisir kesalahan Anda saat plesiran menggunakan pesawat.

  1. Datang lebih awal

Ketika memilih naik bus travel, mungkin Anda akan ditunggu jika sudah konfirmasi akan datang sedikit terlambat. Namun tidak dengan pesawat. Moda transportasi ini penumpangnya datang tepat waktu. Tentu akan lebih baik bila dapat datang satu atau dua jam lebih awal sebelum keberangkatan. Datang lebih awal akan membuat lebih tenang dan berjaga-jaga bila ada hambatan, misalnya, kesulitan check-in, antrian bagasi, macet, dan masalah teknis lainnya. .

  1. Mencermati peraturan bagasi

Bila Anda sering naik kereta, membawa bagasi tidak akan menjadi persoalan. Boleh membawa barang sebanyak dan sebesar apapun asalkan tidak mengambil jatah milik orang lain. Lain halnya dengan pesawat, pihak maskapai memiliki peraturan bagasi yang berbeda. Anda akan diwajibkan membayar biaya kelebihan bagasi jika barang bawaan melebihi dari yang sudah ditentukan. Tentu akan menjadi masalah bila barang bawaan Anda melebihi kapasitas bagasi.

Selain mencermati bobot dan kapasitas bagasi, perhatikan juga beberapa barang yang tidak boleh dibawa masak ke dalam kabin pesawat seperti pisau, gunting, pemantik korek api, dan cairan. Ada pula yang benar-benar tidak diperbolehkan sama sekali masuk sampai bagasi pesawat.

Saat sudah sampai tujuan, jangan lupa untuk mengambil bagasi di tempatnya. Namun sebelum masuk antrean pengambilan bagasi, cocokkan nomor penerbangan dengan informasi yang tertulis di bandara agar tidak salah tempat. Periksa kembali nomor bagasi yang diberikan saat check-in. Penanda tersebut berupa stiker berisi nomor yang ditempelkan pada boarding pass.

  1. Mengetahui titik lokasi terminal keberangkatan

Setelah persoalan bagasi, Anda juga perlu mengetahui terminal keberangkatan pesawat yang bisa dilihat di e-ticket yang sudah dikirimkan ke email. Apakah ada perbedaan? Tentu saja. Setiap maskapai penerbangan memiliki ‘jatah parkir’ masing-masing.

Jadi, pastikan Anda datang ke terminal keberangkatan yang benar. Anda pun bisa bertanya ke petugas bandara untuk diarahkan ke tempat yang tepat bila masih merasa bingung.

  1. Perhatikan saat check-in

Check-in adalah salah satu proses yang harus dilalui saat akan naik pesawat. Untuk menghindari antrean di counter, Anda bisa melakukan online check-in, sebagaimana yang ditawarkan oleh Traveloka. Sesampainya di bandara, Anda bisa langsung boarding dengan menunjukkan tiket beserta identitas diri seperti KTP atau paspor. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk mencetak tiket.

  1. Memperhatikan prosedur keamanan penerbangan

Setelah semua tahapan dilalui dengan lancar, sekarang waktunya boarding, dan pastikan duduk di kursi sesuai dengan boarding pass di dalam pesawat. Perhatikan prosedur keamanan penerbangan yang sudah dijelaskan oleh pramugari. Jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman, mengetahui lokasi pintu darurat, cara pakai masker, atau prosedur membuka jendela saat take off dan landing. Mendengar penjelasan prosedur keamanan mungkin terasa membosankan, tapi penting untuk diketahui.

Tags: , , ,


COMMENTS