April 11, 2019

Asus Luncurkan Laptop Gaming Super Tipis di Dunia, Intip Spesifikasi dan Harganya

Penulis: Rizki Romdoni
Asus Luncurkan Laptop Gaming Super Tipis di Dunia, Intip Spesifikasi dan Harganya  

Mobitekno – Setelah diperkenalkan dalam ajang Consumer Electronic Show 2019, Las Vegas, produsen teknologi asal Taiwan, Asus kini telah membawa dua laptop gaming level ‘dewa’ yang mereka klaim tertipis di dunia ke Indonesia, yaitu ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 dengan prosesor GPU NVIDIA GeForce RTX terbaru serta prosesor Intel Core i7 generasi ke-8.

“Dengan bodi yang lebih tipis, ROG Zephyrus S dilengkapi kartu grafis dengan performa terkuat NVIDIA. Disamping itu, GeForce RTX menawarkan performa grafis yang sangat tinggi dan belum pernah ada di laptop gaming sebelumnya. Melalui lini produk ROG, gamer dipastikan akan mendapatkan pengalaman bermain terbaik, tidak hanya dari spesifikasi kelas atas yang dihadirkan tetapi juga dari beragam teknologi dan inovasi yang hanya ada di laptop gaming ROG,“ jelas Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin, dalam peluncuran ROG Zephyrus S GX701 dan GX531 di Jakarta, Rabu, (11/4).

Asus ROG Zephyrus S GX701

Asus ROG Zephyrus S GX701 memiliki dimensi hingga 40 persen lebih tipis dan 23 persen lebih kecil dari laptop gaming di pasaran, yaitu 18mm, dengan bezel tipis screen-to-body ratio mencapai 80 persen. Karena menggunakan bezel tipis, ROG Zephyrus S GX701 tidak memiliki built-in web camera seperti laptop pada umumnya. Sebagai gantinya, Asus menghadirkan web camera eksternal yang telah mendukung perekaman video Full HD 60fps.

Laptop yang memiliki bentang layar 17 inci tersebut dilengkapi layar dengan refresh rate hingga 144Hz dan respons 1ms dan dibekali tingkat reproduksi warna pada color space sRGB 100 persen, serta telah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone.

Hal menarik lainnya, yaitu ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan aplikasi khusus bernama Armoury Crate yang merupakan pembaruan dari ROG Gaming Center. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai pusat kendali untuk berbagai fitur dan fungsi yang ada di ROG Zephyrus S GX701. Salah satu fungsi utama Armoury Crate adalah mengatur performa dan kecepatan kipas saat menggunakan laptop. Fitur lain aplikasi tersebut adalah mengubah tampilan pada keyboard RGB.

Untuk performa, ROG Zephyrus S GX701 hadir dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2080 (MaxQ). GPU seri GeForce RTX sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasikan performa AI.

ROG Zephyrus S GX701 juga didukung oleh prosesor Intel Core i7-8750H yang telah menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread. Selain itu, laptop tersebut juga telah didukung oleh RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 24GB serta penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCIe SSD.

Soal pendinginan, Asus ROG Zephyrus S GX701 dilengkapi dengan teknologi Active Aerodynamic System (AAS). Teknologi ini bekerja unik, membuat bagian bawah laptop terbuka dan keseluruhan bodi laptop terangkat. Mekanisme ini membuat ROG Zephyrus S GX701 memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya sehingga pendinginan dapat berjalan lebih optimal.

Asus ROG Zephyrus S GX531

Berbeda dengan ROG Zephyrus S GX701, Asus ROG Zephyrus S GX531 hadir dalam ukuran 15,6 inci dengan ketebalan 16,5 mm dan bobot 2,1 kilogram. Perangkat gaming ini menggunakan teknologi NanoEdge Display pada layar, yang juga telah dilengkapi refresh rate hingga 144Hz dan respons 1ms.

Seperti Zephyrus S GX701, GX531 juga telah mengantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone.

Zephyrus S GX531 juga dibekali aplikasi Armoury Crate untuk mengatur manual dari segi performa dan warna backlight pada keyboard. Lebih dari itu, berbagai fitur aplikasi tersebut dapat diakses melalui aplikasi di Android dan iOS.

ROG Zephyrus S GX531 ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX dengan opsi varian mulai dari RTX 2060, RTX 2070 (Max-Q) dan RTX 2080 (Max-Q). Laptop tersebut juga didukung oleh prosesor Intel Core i7-8750H yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dan didukung oleh RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 24GB, serta penyimpanan menggunakan M.2 NVMe PCI SSD.

Untuk pendinginan, ROG Zephyrus S GX531 juga Hypercool Technology yang dioptimalkan dengan Active Aerodynamic System (AAS). Baik Zephyrus S GX701 maupun GX531 keduanya telah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10.

Mengenai harga dan ketersediaan, Asus ROG Zephyrus S GX701 dibanderol dengan harga Rp55,999 juta, sementara ROG Zephyrus S GX531 ditawarkan dengan harga mulai dari Rp37,999 juta dan telah tersedia di jaringan retail Asus.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS