August 16, 2018

Selama Asian Games 2018, Telkomsel Buka 5G Experience Center di Arena GBK

Penulis: Desmal Andi
Selama Asian Games 2018, Telkomsel Buka 5G Experience Center di Arena GBK  

Mobitekno – Penerapan teknologi 5G di Indonesia ternyata lebih cepat dari perkiraan banyak orang. Teknologi 5G yang dapat merangkul semua aspek industri ini perlahan tapi pasti mulai terlihat di Indonesia. Dari sisi operator sendiri, mereka sudah melakukan berbagai pengujian 5G di berbagai tempat. Termasuk Tekkomsel sebagai operator yang memiliki banyak konsumen di Indonesia.

Dalam rangka mendukung gelaran Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, Telkomsel pun akan unjuk gigi memamerkan kesiapan mereka dalam menggelar 5G di Indonesia. 5G Experience Center pun mereka bangun di arena Gelora Bung Karno (GBK) untuk menunjukkan berbagai hal atau aktivitas yang bisa memanfaatkan teknologi 5G.

“Selain sebagai salah satu sponsor resmi Asian Games 2018, Telkomsel juga ingin memperkenalkan 5G kepada masyarakat. Ini menjadi salah satu misi dari Telkomsel,” ujar Ririek Adriansyah, CEO Telkomsel, Rabu 16/8/2018. “Dengan adanya 5G Experience Center ini, kami ingin membawa teknologi 5G ke begeri ini, meskipun masih dalam bentuk demo,” lanjut Ririek.

5g launch

Peresmian Telkomsel 5G Experience Center ini dihadiri langsung oleh Ririek Adriansyah (CEO Telkomsel), Rudiantara (Menkominfo), Airlangga Hartarto (Menperindag), dan Alex J. Sinaga (CEO Telkom)

Hadirnya Telkomsel 5G Experience Center ini juga diapresiasi oleh Menkominfo Rudiantara dan Memperindag Airlangga Hartarto yang turut hadir dalam peresmian Telkomsel 5G Experience Center ini.

“Tidak menyangka penerapan teknologi 5G terbilang cepat di Indonesia. Tahun lalu, kita masih belum punya show case untuk teknologi 5G ini. Kini, dengan adanya Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat sudah bisa merasakan dan mencoba keunggulan dari 5G dalam berbagai hal,” ucap Menkominfo Rudiantara.

Untuk penerapan teknologi 5G ini, menkominfo juga berharap adanya kawasan industri khusus yang sudah menggunakan 5G. Di sana bisa melibatkan teknologi Airtificiel intelligence, Robotic, dan teknologi lainnya yang berbasis 5G.

aktivitas

Ditemani Ririek Adriansyah, Memperindag Airlangga hartarto mencoba melakukan aktivitas sepeda yang sudah memanfaatkan teknologi 5G.

Telkomsel 5G Experience Center ini akan dibuka buat umum selama Asian Games 2018 berlangsung yaitu dari tanggal 18 Agustus – 2 september 2018. Berbagai aktivitas dan peralatan yang mendukung 5G dapat didemokan ke masyarakat. Bahkan, sebuah bus full otonom yang menggunakan 5G juga ada di 5G Experience Center ini. Bus ini sama sekali tidak melibatkan pengemudi. Semua pergerakan berdasarkan waypoint dan berbagai sensor yang ada di badan bus.

Tags: , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS