August 7, 2018

Sudah Resmi, Apa Saja Hal Baru yang Ditawarkan Android 9 Pie ?

Penulis: Iwan RS
Sudah Resmi, Apa Saja Hal Baru yang Ditawarkan Android 9 Pie ?  

Mobitekno – Setelah pertama kali diumumkan ke publik pada bulan Maret lalu, Google akhirnya meluncurkan versi final Android P dengan nama resmi Android 9 Pie. Penamaan ‘Pie’ menunjukkan konsistensi Google untuk memilih nama makanan pencuci mulut (dessert) untuk setiap versi Android sejak merilisnay dari tahun 201.

Android 9 Pie akhirnya menjadi versi resmi setelah sebelumnya melalui tiga tahap versi beta untuk dicoba oleh para pengembang selama beberapa bulan ini.

Banyak fitur baru yang dihadirkan Android 9 Pie didukung oleh teknologi AI. Diantaranya, fitur ‘Adaptive Battery’ yang secara otomatis memprioritaskan baterai untuk aplikasi yang paling sering digunakan pengguna. Ada pula fitur ‘Adaptive Brightness’ yang menyimpan preferensi level brightness (kecerahan) pengguna dan mengaturnya secara otomatis saat diperlukan.

Android baru juga dilengkapi dengan fitur ‘App Actual’ yang lebih cerdas dalam merekomendasikan aplikasi atau tindakan (action) berdasarkan waktu, kebiasaan/habit, dan lokasi si pengguna. Hadir pula sistem navigasi baru yang mengadopsi konsep tombol Home tunggal untuk mengikuti tren samrtphone berlayar lebih tinggi (langsing).

Fitur yang berkaitan dengan kebugaran (fitnesss) dan kesehatan pengguna juga makin lengkap. Melalui bagian ‘Digital Wellbeing’, pengguna dapat mengetahui durasi pemakaian smartphone, aplikasi tertentu, dan lain-lain.

Pada fase awal, Android 9 Pie akan digulirkan untuk ponsel Google (Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL). Selanjutnya sudah menunggu beberapa ponsel, seperti Essential Phone, Nokia 7 Plus, OnePlus 6, Oppo R15 Pro, Sony Xperia XZ2, Vivo X21UD, Vivo X21, dan Xiaomi Mi Mix 2S.

Selain smartphone Android ‘berlapis’ UI vendor, smartphone lainnya yang berbasis Android One (unmodified Android OS) juga akan kedatangan update Android dalam waktu hampir bersamaan.

Selain menyambangi smartphone yang sudah beredar di pasaran, Android 9 Pie juga akan tersedia secara langsung pada beberapa smartphone baru yang dirilis sepanjang paruh kedua 2018 ini.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS