May 3, 2018

Samsung Ajukan Paten Baru Teknologi Fingerprint di Layar

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Samsung Ajukan Paten Baru Teknologi Fingerprint di Layar  

Mobitekno – Saat ini, baru ada segelintir pabrikan smartphone yang telah mengadopsi sensor fingerprint langsung di layar. Kedua pabrikan tersebut adalah Vivo dan Huawei. Vivo menyematkan teknologi tersebut ke dalam Vivo X21 UD, sedangkan Huawei ke dalam Huawei Mate RS Porsche Design.

Pada masa mendatang, teknologi fingerprint di dalam layar ini mungkin akan semakin banyakdiadopsi pabrikan smartphone. Kabar terbaru datang dari Samsung yang diketahui baru saja mengajukan permohonan paten terkait teknologi fingerprint langsung pada layar.

Hal ini sekaligus menandakan bahwa Samsung sangat serius untuk menyematkan teknologi otentifikasi biometrik terbaru ini ke dalam berbagai perangkatnya di masa mendatang. Paten teknologi mirip dengan solusi yang digunakan oleh pabrikan Vivo pada ponselnya.

Samsung Fingerprint on screen

Mekanisme pemindaian sidik jari bergantung pada sensor fotosensitif kecil yang berada di balik layar. Setelah disentuh ujung jari, area sensor di layar akan berubah warna. Hal ini sekaligus memudahkan bagi sensor untuk membaca sidik jari untuk selanjutnya melakukan proses otentifikasi agar layar smartphone terbuka (unlock screen).

Samsung juga telah mempertimbangkan teknologi sensor sidik jari di layar ini dapat diaplikasikan ke perangkat lainnya. Dari paten sebelumnya digambarkan jika teknologi pemindai sidik jari di layar dari Samsung ini didesain lebih fleksibel.

Solusi pemindaian sidik jari ini diharapkan Samsung dapat diimplementasikan pada berbagai jenis layar. Misalnya untuk layar LCD dan bukan hanya di layar OLED. Seperti kita ketahui, sensor Clear ID Synaptics yang digunakan oleh Vivo hanya berfungsi pada layar OLED.

Paten Samsung ini juga diketahui menggunakan area pemindaian yang relatif kecil. Jadi, pengguna diharuskan menggesek jarinya di atas permukaan layar. Belum diketahui, apakah mekanisme seperti ini akan membuat sensor lama kelamaan menjadi kurang sensitif (cepat rusak).

Samsung mungkin akan segera mengimplementasikan teknologi pemindai sidik jari di layar yang baru dipatenkan tersebut. Kandidat produknya mungkin Galaxy Note 9 atau Galaxy S10. Kita tunggu saja.

Tags: , , , , ,


COMMENTS