January 11, 2017

Mastercard Luncurkan Teknologi Artificial Intelligence di Seluruh Jaringannya

Penulis: Eko Lannueardy
Mastercard Luncurkan Teknologi Artificial Intelligence di Seluruh Jaringannya  

MOBITEKNO – Mastercard membuat gebrakan dengan memperkenalkan teknologi Intelegensi Pembuat Keputusan (Decision Intelligence), yakni sebuah layanan bantuan untuk mengambil keputusan dan pedeteksi penipuan yang komprehensif. Layanan ini merupakan pertama kalinya teknologi Artificial Intelligence atau AI diimplementasikan secara langsung dalam jaringan Mastercard secara global.

“Kami memecahkan masalah utama yang sering dialami pelanggan, yaitu mengalami kesalahan penolakan transaksi ketika hendak melakukan pembelian. Dengan menggunakan teknologi AI, kami membantu institusi keuangan serta merchant untuk meningkatkan nilai persetujuan, dan juga pengalaman bertransaksi dari konsumen kami," ujar Ajay Bhalla, President of Enterprise Risk and Security, Mastercard.

Dalam membangun layanan eksklusif lain dari Mastercard, Decision Intelligence merupakan sebuah cara baru untuk menyelesaikan masalah lama dengan menggunakan algoritma modern guna menyediakan prediksi penilaian bagi penerbit kartu, berdasarkan analisa kecerdasan (intelligent). 

Selanjutnya, mereka menggabungkan informasi tersebut ke dalam upaya mitigasi penipuan yang telah ada saat ini. Secara alternatif, para penerbit kartu dapat mengaktifkan perangkat Mastercard secara menyeluruh, yang membuat proses pengambilan keputusan berdasarkan data secara real-time dapat disesuaikan dengan akun, termasuk dalam mendefinisikan ambang batas kewaspadaan serta penolakan transaksi.

Decision Intelligence akan menguji bagaimana sebuah akun tertentu digunakan dari waktu ke waktu untuk mendeteksi perilaku berbelanja yang normal maupun tidak normal. Dalam melakukan hal tersebut, Decision Intelligence memanfaatkan informasi akun seperti segmentasi nilai pelanggan, pembuatan profil risiko, lokasi, data merchant, data perangkat, waktu, serta tipe pembelian yang dilakukan.

Penambahan teknologi AI sebagai komponen inti dalam jaringan Mastercard juga akan memberikan sebuah penilaian terhadap penipuan yang lebih baik di setiap transaksi. Fungsi terbaru ini dapat membantu meningkatkan akurasi persetujuan transaksi secara aktual dan mengurangi kesalahan penolakan transaksi.

Tags: , , , ,


COMMENTS