January 10, 2017

Review WD My Passport 4 TB

Penulis: Desmal Andi
Review WD My Passport 4 TB  

MOBITEKNO – Inovasi memang satu hal yang harus terus berlangsung agar produk yang dihasilkannya terus mendapat perhatian dari masyarakat luas. Hal inilah yang juga dilakukan Western Digital dengan mengubah desain serta warna pada produk-produknya, termasuk WD My Passport. WD My passport kini tampil dengan warna cerah dan desain yang lebih stylish sehingga mudah untuk dibawa kemanapun pemiliknya pergi dan mudah untuk digunakan secara mobile.

Kali ini Mobitekno berkesempatan mengulas WD My Passport dengan desain baru ini. Dengan kapasitas 4 TB, WD My Passport yang datang ke meja redaksi memiliki warna oranye. Sekedar informasi buat pembaca Mobitekno, ada enam warna yang dimiliki WD My Passport, yaitu hitam, biru, merah, oranye, kuning, dan putih.

Dari sisi spesifikasi dan fitur, sebenarnya hampir tidak ada yang berubah antara WD My Passport dengan desain lama dan WD My Passport dengan desain baru ini. Namun, untuk lebih jelasnya, silakan ikuti ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Paket WD My Passport hadir dalam kemasan karton berbentuk kotak yang kompak. Kemasan ini juga memiliki warna yang selaras dengan warna bodi harddisk. Saat dibuka dan dikeluarkan isi daam kemasan tersebut, isinya adalah:

  1. Unit harddisk eksternal WD My Passport berwarna oranye
  2. Kabel data WD My Passport USB 3.0 A to Micro B
  3. Buku panduan singkat dan informasi garansi

Semua kelengkapan tersebut dikemas rapi dalam kotak pembungkusnya.

Desain

Harddisk eksternal keluaran Western Digital ini memiliki ukuran yang tetap kompak dibanding versi sebelumnya. Dimensinya berukuran lebar 81,5 mm x tinggi 110 mm x tebal 21,5 mm. Ukuran hampir sama dengan versi sebelumnya. Sebenarnya ada dua ukuran tebal untuk WD My Passport. Selain 21,5 mm untuk kapasitas 2,3, dan 4 TB, ada juga yang berukuran 16,3  untuk kapasitas 1 TB.

Jika unit dikondisikan dalam posisi berdiri, pada bagian bodi memiliki dua corak yang berbeda. Setengah bagian atas memiliki desain bodi berwarna yang halus (glossy). Sementara setengahnya lagi di bagian bawah memiliki corak garis miring dengan warna oranye agak kasar (Dof). Desain ini melingkar ke seluruh bagian harddisk.

Desain yang ada memang begitu sederhana. Namun, dengan desain ini memudahkan pemilik dalam memeprlakukan WD My Passport. Konektor USB 3.0 ada di bagian bawah diteman sebuah lampu LED yang akan menyala saat terkoneksi dengan PC atau Notebook. Tancapkan kabel data USB 3.0 Micro B bodi harddisk dan koneksikan juga bagian USB 3.0 lain ke PC atau Notebook, Windows akan llangsung mendeteksi kehadiran device baru dan memasukkannya ke dalam sistem. Anda tinggal memilih drive yang terkoneksi ke WD My Passport.

Jika Anda mengakses isi harddisk, secara default Western Digital sudah mengintegrasikan sebuah aplikasi khusus untuk akses WD ini. WD Backup, WD Security, dan WD Drive Utility bisa di-install ke dalam sistem Windows. Melalui aplikasi ini, proses backup, keamanan data, dan manajemen isi harddisk bisa dilakukan dengan lebih mudah dan nyaman.

Mengenai bahan yang digunakan untuk bodi WD My Passport, tidak ada bedanya dengan varian produk sebelumnya. Untuk yang berkarakter agak kasar, Anda mungkin tidak perlu khawatir dengan goresan yang mungkin terjadi di bodi harddisk karena tidak terlalu kellihatan. Namun, untuk bagian yang halus mengkilat, goresan lebih mudah terlihat. Hal ini sama dengan produk sebelumnya yang hampir keseluruhannya memiliki bodi halus sehingga baret-baret kecil pun bisa terlihat jelas dan menghilangkan keindahan WD My Passport. Seharusnya, di desain baru ini, WD membuatnya dengan bodi agak kasar untuk semua bagian sehingga goresan tidak mudah terlihat dan harddisk tetap menarik untuk dilihat.

Fitur & Performa

Demi kenudahan pengoperasian dan penanganan WD My Passport, Western Digital sudah membekali dengan tiga aplikasi WD backup, WD Security, dan WD Drive Utility. Untuk kemudahan Anda, install saja ketiga aplikasi ini ke PC atau Notebook yang Anda gunakan.

Untuk fitur di ketiga aplikasi tersebut juga cukup mewakili untuk keamanan data yang Anda simpan ke dalam harddisk. Di aplikasi WD BAckup, ada beberapa opsi untuk menyimpan file dan data. Di sini, Anda tetap bisa menentukan sendiri, satu atau beberapa folder yang ingin disimpan. Aplikasi juga bisa diatur untuk proses secara berkala secara terus menerus sehingga backup tidak lagi dilakukan secara manual karena aplikasi backup akan mensinkronisasikan data dalam harddisk dan PC atau notebook.

Proses backup-nys sendiri bisa diatur sesuai dengan keinginan. Anda bisa melakukan backup berdasarkan jam, hari, dan bulan.

Sementara itu, untuk keamanan data, Anda bisa memanfaatkan WD Security. Aplikasi ini memiliki sistem enkripsi yang andal untuk melindungi data dengan password. Namun, jangan sampai Anda kehilangan password utama untuk membuka data karena jika hilang, Anda tidak bisa mengakses folder pribadi yang berisi file penting.

Sama seperti produk sebelumnya, WD juga menyediakan aplikasi WD Drive Utilities. Fitur ini memungkinkan pemilik WD My Passport untuk melakukan manajemen harddisk, seperti diagnosis harddisk, Quick Drive Tes, Drive Staus Check, hingga fungsi Sleep Timer yang dapat menonaktifkan harddisk dalam durasi waktu yang sudah Anda tentukan sebelumnya, Ada juga Drive Erase yang dapat digunakan untuk menghapus file dalam harddisk secara permanen.

 

Performa:

Untuk menguji performa WD My Passport, Mobitekno menggunakan HD Tune Pro 5.6dan Crystal Disk Mark. Dari hasil pengujian untuk proses transfer file berukuran besar didapat hasil sebagai berikut.

HD Tune Pro 5.6 (write)

Crystal Disk Mark 5.2.1

Disk Mark

Spesifikasi

Dengan bentuk kotak berwarna cerah, WD My Passport mudah dikenali saat diletakkan di meja kerja atau bahkan berada di tumpukan device lainnya. Harddisk eksternal ini juga bersifat fleksibel igunakan oleh beberapa siste Windows, seperti Windows 7, 8, dan 10. Bahkan, harddisk juga mendukung OS Mac.

Untuk mengetahui informasi detail yang ada di WD My Passport Terbaru ini, berikut spesifikasi teknis yang didapat dari website resminya dan kemasan yang ada di dalam paketnya.

Kapasitas 1TB 2TB 3TB 4TB
Interface USB 3.0 dan USB 2.0 Compatible
Dimensi 81,5 mm x 110 mm x 21,5 mm (2TB 3TB 4TB)

81,5 mm  x 110 mm x 21,5  untuk ukuran 1TB

Garansi 2 tahun (Indonesia)
Aplikasi Pendukung WD Backup WD Security dan WD Drive Utilities

 

Kesimpulan

Walaupun berganti kulit, WD My Passport tetap nyaman digunakan secara mobile. Ukuran yang ada di model terbaru ini tidak berbeda dengan model yang lama sehingga tetap bisa dibawa kemanapun Anda pergi dengan nyaman.

Sedikit perbedaan ada pada permukaan bodi harddisk. Jika dahulu semua bagian dilapis dengan permukaan yang halus dan licin, kini hanya 50 persen yang memiliki permukaan halus. Sebagian lagi memiliki permukaan agak kasar. Desain ini sebenarnya menambah kenyamanan saat memgang harddisk karena tidak lagi licin saat digenggam di bagian yang agak kasar.

Dari sisi warna, pilihannya cukup banyak. Warna-warna cerah bisa menjadi penunjuk jejak keberadaan harddisk tersebut di sebuah tempat. Menariknya, WD tidak hanya menjual unitnya saja, perusahaan ini masih membekali dengan tiga aplikasi WD yang membantu dari sisi pengoperasian dan manajemen har disk.

Satu kekurangan yang ada pada WD My Passport ini adalah pada permukaan yang halus dan licin, yang memgang 50 persen dari keseluruhan sisi. Jika ada goresan kecil saat harddisk ditaruh di tas kerja atau laci, akan terlihat dengan jelas. Goresan-goresan kecil ini tentunya akan mengurangi nilai keindahan harddisk. Saran dari Moboitekno, sebaiknya gunakan kantung dari kain untuk melindungi harddisk dari goresan. Anda bisa juga menggunakan case khusus yang banyak dijual di toko-toko aksesori komputer.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS