December 4, 2017

Mercedes-Benz Gunakan Augmented Reality untuk Gantikan Buku Manual

Penulis: Desmal Andi
Mercedes-Benz Gunakan Augmented Reality untuk Gantikan Buku Manual  

MOBITEKNO – Sampai saat ini, masih banyak perusahaan kendaraan yang mengandalkan buku manual banyak halaman sebagai petunjuk penggunaan dan informasi dari kendaraan yang mereka beli. Memang tidak terlalu sulit untuk mencari informasi atau petunjuk dari buku manual seperti itu. Namun, bagi Mercedes-Benz buku tersebut sudah terlalu “old”. Oleh sebab itu, mereka pun mulai mengganti peran buku manual dengan sebuah aplikasi “Ask Mercedes” yang memiliki fitur chatbot dan Augmented Reality di dalamnya.

Memang, aplikasi ini baru tersedia pada seri E dan S-Class. Namun, Mercedes juga bisa menjawab pertanyaan lainnya di luar kedua seri tersebut seputar informasi kendaraan. Dengan “Ask Mercedes” pemilik cukup mengarahkan smartphone ke bagian kendaraan, misalnya dashboard. Selanjutnya, dari layar smartphone akan tampil bebeberapa nomer yang menunjukkan setiap fitur yang bisa diinformasikan ke pemilik kendaraan. Jadi, tidak perlu lagi membuka halaman demi halaman pada buku manual.

""

Dikutip dari Motorauthority, Chatbot yang ada di dalamnya juga dapat bekerja pintar. Jadi, bagi yang tidak memiliki seri E-Class atau S-Class, mereka tetap bisa berkomunikasi untuk menanyakan sejumlah hal dari kendaraannya. Chatbot bahkan bisa menyediakan video dan gambar untuk melengkapi informasi yang ada. Menariknya, Ask Mercedes ini bisa bekerjasama dengan aplikasi media sosial lainnya, seperti Facebook Messenger, atai melalui perangkat pintar lainnya seperti Amazon Echo dan Google Home.

Aplikasi ini akan dikembangkan serius untuk pasar yang lebih luas pada tahun 2018.  Ask Mercedes sendiri sudah diluncurkan di Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Malaysia pada tahun 2017 ini.

Tags: , , ,


COMMENTS